Cara Mempercepat Memori Android

linkcerdas.com pada postingan yang lalu sudah pernah membahas tentang cara untuk meningkatkan kinerja RAM pada ponsel android. Pada ponsel android tentunya terdapat memori internal dan memori eksternal. Biasanya android mendukung untuk disisipi kartu microSD sampai dengan 32GB. Ini tentunya memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file pada kartu memori. Namun apabila kartu memori sudah dimasuki file banyak, tentunya memori eksternal akan mengalami penurunan kinerja dikarenakan space yang tersedia semakin sedikit dikarenakan file yang ada di kartu memori. Lalu bagaimanakah cara mempercepat memori android jika memori sudah hampir penuh? Kali ini linkcerdas.com akan membahas mengenai tips untuk meningkatkan kinerja memori android pada ponsel anda.mempercepat memori android

Sebenarnya, penyebab lambatnya kinerja memori eksternal atau microSD pada android bukan hanya karena ruang kosong memori yang semakin sedikit, namun bisa juga dikarenakan adanya aplikasi yang berjalan di memori eksternal sehingga akan membuat proses di memori akan memakan tempat dan energy. Untuk itu, kita harus melakukan sebuah upaya untuk mengatasi hal tersebut. Untuk mengatasi lambatnya kartu memori di android, berikut ini ada beberapa cara untuk mempercepat kinerja kartu memori android anda.

Hal-Hal yang harus diperhatikan sebelum mempercepat memori android:

Sebelum melakukan tips dibawah ini untuk menaikkan kinerja memori eksternal android anda, berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan:

  • Pastikan ponsel android anda sudah dalam kondisi sudah root. Untuk tutorial rooting android, anda bisa menemukannya di artikel linkcerdas.com tentang cara root android.
  • Terdapat busybox pada android anda.
  • Dalam android sudah terdapat folder etc/init.d karena folder ini termasuk folder yang penting dalam ponsel android. Dalam beberapa kasus, ada ponsel android yang tidak mempunyai folder tersebut.
  • MicroSD dengan kualitas yang bagus. Disini linkcerdas.com menyarankan untuk menggunakan yang diatas class 6.

Tool yang digunakan untuk proses percepat kinerja kartu memori android:

  • Root Explorer dengan versi v2.21.1 atau diatasnya.
  • Script Sdcard Boost.
  • Sdcard speed test untuk mengecek kecepatan microSD.
  • Sd Speed Increase / SD Card Speed Booster untuk mempercepat kinerja memori.

Tutorial Untuk Mempercepat Memori Android:

  • Buka Root Explorer, kemudian ekstrak script Sdcard boost yang sudah anda download sebelumnya. Copy file dengan nama 83read_ahead_kb dan paste di folder etc/init.dmempercepat memori android
  • Setelah itu, rubahlah akses permissionnya menjadi tercentang semuanya yaitu rw-rw-rw lalu kembalikan seperti sedia kala yaitu rw-r–r–. Namun jika saat anda ingin mem-paste file tersebut terdapat pesan error yang berbunyi bahwa file system adalah read only, maka anda bisa merubahnya dengan menekan tombol Mount RW yang ada pada pojok kanan atas layar anda dan rubah menjadi Mount R/O.mempercepat memori android
  • Kemudian, buka folder /sys/devices/virtual/bdi/179:0/read_ahead_kb dan buka file tersebut melalui text editor dengan cara menekan dan tahan hingga muncuk pilihan open with text editor. Pada saat di text editor, anda jika menemukan angka 128 pada value rubahlah menjadi 2048 kemudian pilih menu lalu save.
  • Install SD Speed Increase di ponsel android anda, lalu buka aplikasi tersebut. Kemudian setting value menjadi 2048 dan set on boot.
  • Langkah selanjutnya adalah restart ponsel android anda. Untuk mengecek kecepatan memori card anda, silakan gunakan aplikasi Sd Card Speed Test yang sebelumnya sudah ada di atas.

Maka sekarang kinerja memori android anda sudah bertambah. Namun gunakan cara ini hanya untuk memori eksternal dengan kualitas yang bagus saja. Ini dikarenakan akan merusak microSD jika kualitas microSD yang anda gunakan dibawah standar. Demikianlah beberapa cara untuk mempercepat memori android untuk ponsel android anda dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke linkcerdas.com untuk menikmati tips paling update dan tentunya sangat bermanfaat di dunia teknologi.

Cara Mempercepat Memori Android | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *