Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur keuangan pribadi membutuhkan strategi dan komitmen. Jangan sampai, Anda selalu kesulitan mengatur gaji bulanan agar bisa bertahan sampai akhir bulan. Berikut cara gampang atur keuangan Anda lebih baik.

1. Pastikan gaji dan nilai Anda sesuai
Modal utama untuk pengaturan keuangan yang baik adalah memastikan Anda punya penghasilan cukup. Ini tentunya bermula dengan memastikan gaji Anda sepadan atau sesuai dengan nilai Anda. Jika digaji terlalu rendah daripada yang seharusnya Anda terima dengan latar belakang pendidikan dan keahlian, Anda mungkin harus berpikir untuk melamar pekerjaan baru.

2. Pengeluaran harus lebih kecil dari gaji
Pastikan pengeluaran atau belanja Anda jauh lebih kecil daripada penghasilan Anda. Seberapa kecil pun penghasilan Anda, sebaiknya Anda tetap harus membelanjakan lebih kecil daripada yang Anda dapat. Jadikan utang dan kartu kredit sebagai pilihan terakhir.

3. Setia pada budget
Buatlah rencana pengeluaran dan perlakukan rencana itu seperti kekasih. Setialah kepada budget yang sudah Anda buat dan hindari melakukan pembelanjaan mendadak di luar budget. Catat semua pengeluaran yang Anda buat.

4. Bayar hutang kartu kredit
Walaupun kartu kredit terlihat sebagai jalan pintas yang mudah, Anda cenderung merugikan diri sendiri dengan menunda membayar kartu kredit. Jika Anda terpaksa menggunakan kartu kredit, pastikan Anda segera melunasinya.

5. Tabung 10 persen penghasilan
Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menerima gaji adalah menyisihkan 5% sampai 10% gaji Anda untuk ditabung. Akan lebih baik jika Anda bisa membuat rekening terpisah khusus yang akan mendebit uang tersebut secara langsung dari rekening Anda tiap bulannya.

6. Maksimalkan tunjangan kantor
Maksimalkan tunjangan dan kebijakan kantor untuk menghemat pengeluaran Anda. Misalnya perawatan kesehatan seperti kacamata dan biaya dokter gigi, dana pensiun atau penggantian uang untuk hari cuti yang tak sempat Anda ambil.

7. Ikut dana pensiun
Beberapa perusahaan memiliki program dana pensiun. Jangan sia-siakan program itu dan ambil bagian. Dengan begitu, Anda memiliki tabungan tambahan untuk masa depan Anda nanti. Karena biasanya dipotong langsung dari gaji, Anda bisa lebih tertib menabung untuk pensiun.

8. Investasi
Jika Anda masih memiliki dana lebih setelah menabung dan membayar tagihan, coba investasikan uang Anda. Konsultasikan kepada ahlinya atau lakukan survei kecil sebelum Anda memutuskan di mana Anda akan menginvestasikan uang Anda. (as/dari berbagai sumber)

Cara Mengatur Keuangan Pribadi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *