Ciri Desain Website yang Baik

Sebuah website bisa dikatakan termasuk baik apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Rapi dan good looking.
    Kesan pertama sebuah website tetaplah penting. Jadi pastikan website anda terkesan rapi dan enak dilihat. Termasuk dalam hal ini pemilihan perpaduan warna yang serasi, baik antara warna teks, background, background teks, dsb.
  • Warna teks yang tepat.
    Penggunaan warna teks yang nyaman dilihat mata adalah hitam dengan background halaman putih. Jika ingin menggunakan warna teks lain usahakan serasi dengan background sehingga tidak menyakitkan mata.
  • Ada elemen grafis pengisi jeda paragraph.
    Penggunaan elemen grafis seperti foto, gambar, video, dsb. sangat dibutuhkan sebagai pengisi jeda antara paragraf dalam sebuah artikel atau tulisan yang sangat panjang. Ini berfungsi untuk memperbaiki tampilan sekaligus agar tidak membosankan.
  • Setiap halaman tampak menyatu satu dengan yang lain.
    Jadikan pengunjung merasa yakin bahwa mereka masih berada di website yang sama, caranya adalah dengan membuat setiap halaman tampak sebagai satu kesatuan (bagian) dari website tersebut dengan menampilkan elemen tertentu secara berulang sehingga ingatan mereka akan halaman-halaman lain di website anda muncul.
  • Halaman pas di ukuran minimal 800 x 600 pixel.
    Keseluruhan halaman website anda harus pas di ukuran minimal 800 x 600 pixel terutama halaman index atau home.
  • Background gambar sederhana.
    Bila menghendaki penggunaan background gambar, pastikan tidak terlalu ramai sehingga malah mengganggu content website, terutama apabila gambar berupa animasi gif.
  • Background warna mampu ditampilkan browser.
    Bila menggunakan background warna, pastikan warna yang anda pilih mampu ditampilkan oleh browser (browser-safe colors).
  • Content menarik atau bermanfaat.
    Pengunjung website yang datang seharusnya bisa mengambil manfaat baik mendapatkan informasi, merasa terhibur, atau mendapatkan sesuatu yang dia memang cari. Memiliki content yang bermanfaat adalah sesuatu yang harus ada pada sebuah website.
  • Navigasi website tidak rumit.
    Pastikan pengunjung website anda tidak bingung dengan tombol dan bar navigasi yang ada, melainkan mereka mengetahui dimana mereka berada atau halaman apa yang sedang mereka kunjungi. Jadi usahakan sederhana dan tidak rumit.
  • Struktur website baik.
    Pengaturan berbagai elemen website (teks, paragraph, gambar, banner iklan, widget, dsb.) harus baik dan tidak asal-asalan, sehingga website tidak terlihat kacau.
  • Loading website cepat.
    Lamanya waktu loading bisa menjadikan pengunjung tidak sabar untuk kemudian menutup browser dan memilih untuk mengakses website lain. Jadi pastikan ukuran file-file baik gambar, animasi ataupun script tidak terlalu memberatkan dalam sebuah halaman website anda.
  • Teks mudah dibaca.
    Penggunaan jenis font teks yang tidak familiar dengan mata, juga ukuran font yang terlalu kecil atau terlalu besar bisa sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi pengunjung website anda. Termasuk disini adalah penggunaan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa dimengerti pengunjung. Juga penggunaan tanda baca, huruf tebal, huruf miring, garis bawah, dsb. yang tidak berlebihan melainkan tepat pada fungsinya.
  • Penggunaan link tepat.
    Anchor teks dan juga link pada gambar harus mengarah pada halaman yang bersesuaian dengannya. Selain itu penggunaan link membuka ke halaman baru harus pula diperhatikan dan dibatasi hanya apabila dibutuhkan saja. Sebagai tambahan, usahakan warna anchor teks untuk link berbeda dengan warna teks, kalau bisa bergaris bawah atau berganti warna apabila ditunjuk. Standar warna untuk link adalah biru.
  • Tidak ada broken link.
    Link yang tidak menuju kemana-mana atau link yang sudah mati (broken link) harus anda hilangkan dari website anda. Broken link bisa mengecewakan pengunjung dan membuang waktu mereka.
  • Ada tema pada setiap halaman.
    Untuk setiap halaman pada website anda harus ada tema spesifik yang diusung. Tanpa adanya tema yang jelas atau terlalu banyak tema akan sangat membingungkan dan kurang profesional. Tema halaman harus bersesuaian dengan title halaman yang anda buat.
  • Cocok dibuka semua browser.
    Terkadang sebuah website dibuat dengan acuan tampilan browser tertentu dan tidak dilakukan pengecekan dibuka menggunakan browser lain. Akibatnya seringkali sebuah tampilan website tampak bagus dibuka di satu browser namun tampilan menjadi berantakan saat dibuka menggunakan browser lain. Pastikan website anda cocok dibuka di semua browser.
  • Tidak dipenuhi dengan iklan.
    Terkadang untuk keperluan mendapatkan profit, pemilik website menaruh iklan baik berupa link ataupun banner di websitenya dan ini sah-sah saja. Namun jangan sampai halaman website jadi dipenuhi iklan atau terlalu banyak iklan bermunculan di sana-sini bahkan mengalahkan content website. Saya beritahu  hal ini sangat menyebalkan, jadi jangan lakukan dan buat yang wajar sajalah.
  • Frame tidak terlalu kompleks.
    Terlalu banyak frame atau frame yang terlalu kompleks sangat mengganggu. Pastikan anda membatasi jumlah frame di website anda saat menggunakannya.
  • Tidak ada halaman terpisah dari website.
    Apabila seorang mengakses website anda kemudian melakukan klik pada sebuah link yang menuju ke sebuah halaman (membuka di jendela yang sama), namun dia tidak bisa menjumpai link untuk kembali ataupun link untuk mengakses halaman lain di website anda, juga tidak ada keterangan apapun maka ini namanya keterlaluan. Anda membuat pengunjung anda tersesat di website anda. Kecuali jika anda memang mengarahkan link ke halaman milik website lain dengan membuka di jendela baru.
  • Penggunaan gambar secara benar.
    Jangan menampilkan gambar dalam ukuran yang terlalu besar sehingga memenuhi halaman website anda. Selain mengakibatkan loading lama akibat ukuran file, juga sangat mengganggu dalam tampilan. Apabila gambar berupa animasi, usahakan animasi tersebut tidak terlalu cepat atau terlalu mengganggu pandangan mata pengunjung. Hal yang sama juga berlaku untuk penempatan embed video di website anda.
  • Tidak ada script yang membebani website.
    Apabila dalam website anda terdapat script, pastikan script tersebut tidak menyebabkan loading website anda terlalu berat/lambat. Juga pastikan script tersebut berjalan baik sehingga website anda tidak error. Jangan menempatkan script terlalu banyak dalam sebuah halaman website, pastikan juga tidak ada script yang saling bertabrakan (crash) satu dengan yang lain.
  • Penggunaan animasi secara bijak.
    Tidak tertutup kemungkinan anda ingin menggunakan animasi sebagai bagian dari desain website anda. Pastikan animasi tersebut tidak berlebihan dan terkesan mengganggu pengunjung saat mengakses website anda. Jika memungkinkan usahakan animasi bisa berhenti sendiri setelah beberapa saat. Demikian juga dengan penggunaan audio sebaiknya dilakukan hal yang sama.
  • Memiliki sitemap.
    Apabila website anda termasuk website yang kompleks, pastikan terdapat peta website (sitemap) untuk memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi maksimal keseluruhan website anda.

Masih adakah yang lain? Mmm.. ya, mungkin masih karena ada yang terlewatkan. Namun jika website anda sudah memenuhi ciri-ciri diatas saya yakin website anda tergolong website yang baik/menarik. Lalu, apa ciri-ciri website yang buruk dan tidak menarik? Buat saja website anda mengikuti sebaliknya dari apa yang dibicarakan di atas, maka website anda termasuk website yang buruk. Percayalah ūüôā

Ciri Desain Website yang Baik | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *