D-NAS Solusi Jaringan Penyimpanan Canggih

Saat ini, teknologi telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam berbagai macam bidang pekerjaan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja, tak terkecuali bagi mereka yang sering bekerja di lapangan seperti para ahli geologi, tambang, vulcanologi dan lainnya. Pekerjaan yang membutuhkan teknologi dilapangan seperti pengumpulan data seismic, analisis Geospasial Citra dan merekam jaringan lalulintas, tentunya membutuhkan perangkat canggih yang mampu merekam data dengan kecepatan tinggi dan mempunyai media penyimpanan besar.

Dalam kenyataannya, aktivitas seperti ini menuntut untuk dekat dengan lokasi sumber data dalam mengumpulkan informasi. Seringkali data harus dianalisis dan dimanipulasi di lapangan, atau dipindahkan ke lokasi lain untuk diproses lebih lanjut. Untuk mendukung pekerjaan seperti ini membutuhkan perangkat seperti NAS (Network Attached System) untuk merekam dan menyimpan informasi dengan kapasitas besar. Lalu bagaimanakah solusinya? sedangkan perangkat komputer yang bisa dibawa kemana-mana seperti notebook/laptop tidak cukup untuk memberikan media penyimpanan besar.

Terbayang bahwa perangkat canggih seperti ini tentunya sesuatu yang besar, berat, sulit untuk di pindah-pindahkan dan tentunya membutuhkan pasokan sumberdaya listrik yang besar pula.

Salah satu solusi datang dari perusahaan NextComputing  yaitu produsen sistem komputer portabel dengan performa tinggi yang mengkhususkan diri pada hardware untuk pelanggan di pasar komersial dan pemerintah. Produk dari NextComputing biasanya digunakan dalam berbagai industri untuk menjalankan aplikasi high-end, termasuk analisis jaringan lalu lintas, siaran langsung visual, pengumpulan data intelijen militer dan pencitraan 3D dalam bidang medis/kedokteran. NextComputing menawarkan perangkat Deployable-Network Attached Storage (D-NAS) yaitu perangkat dengan kecepatan yang tinggi, media penyimpanan yang besar dan desain portable yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Perangkat D-NAS ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang di dasarkan pada EX Radius workstation portabel, seperti :
– 16 Drive Removeable SATA atau SAS, masing-masin 1TB untuk setiap drive dengan dengan kecepatan transfer 6 GB/s.
– pilihan RAID Controller: 0,1, 0+1, 5,6  untuk penyimpanan besar dengan kecepatan tinggi.
– Dukungan Fibre Channel berkualitas dan adapter jaringan 10G
– Sumber daya listrik dengan Konfigurasi 2+1 1300W hot-swappable, atau 48V DC daya 1300W untuk pasokan listrik secara terus menerus.

D-NAS Solusi Jaringan Penyimpanan Canggih | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *