Definisi Manajemen

Dalam   menguraikan  definisi manajemen ini, masing-masing pegarang  mempunyai tafsiran yang berbeda tergantung dari pendekatan yang digunakan oleh pengang itu. Beberapa pengarang mendefinisikan manajemen  dengan menekan  kepada manajemen sebagai seni,  ilmu atau profesi, walaupun demikian jika disimak  dari beberapa pendekatan tersebut pada prinsipnya sama.

Yaitu agar terdapat  tata kerja yang baik  di dalam suatu organisasi sehingga  tujuan-tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Setiap manusia  dalam perjalanan hidupnya selalu menjadi anggota dari beberapa  macam organisasi, seperti  organisasi sekolah, perkumpulan olahraga, kelompok musik, militer  ataupun organisasi perusahaan. Organisasi-organisasi ini mempunyai kesamaan dasar  walaupun dapat berbeda satu dengan  yang lain dalam  beberapa hal. Dari sini terlihat bahwa daam mengelola suatu organisasi itu mereka harus melakukannya secara profesional ataupun secara sederhana.

 

7

 

Ini menunjukkan bahwa ilmu manajemen bersifat universal, dan mempergunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, prinsip-prinsip dan konsep-konsep  yang cenderung benar dalam semua situasis manajerial. Hal ini terbukti bahwa ilmu manajemen dapat diterapkan dalam semua  organisasi manusia, seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, keagamaan dan lain-lain.

Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena  tanpa manajemen, semua usaha sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Disini jelas bahwa manajemen sangatlah dibutuhkan dalam sutau organisasi.

Pendapat dari para ahli yang menyatakan pengertian  manajemen antara lain:

Menurut( James. A. F Stoner, 1996)

             “ Manajemen adalah  proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan   yang telah ditetapkan.”

Sedangkan menurut (The Liang Gie, 1982)

“ Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap  fasilitas kerja agar tujuan organisasi  yang bersangkutan benar-benar tercapai.”

Menurut (T.Hani Handoko, 1998) alasan utama diperlukannya manajemen, yaitu :

  1. Untuk mencapai tujuan. Manajemen  dibutuhkan untuk mencapai  tujuan  organisasi dan pribadi.
  2. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang sangatt   bertentangan. Manejemen  dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan  antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang  berkepentingann dalam organisasi, seperti pemilik dan karyawan , maupun kreditur, pelangan,  supplier, serikat kerja, asosiasi perdagangan, masyarakat dan pemerintah.
  3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu kerja organisasi dapat diukur dengan banyak cara berbeda. Salah satu cara umum dalah efisiensi dan efektivitas.

Dari uraian di atas terlihat bahwa salah satu ilmu manajemen digunakan untuk mencapai tujuan, menjaga keseimbangan dan efisiensi dan efektivitas. Jadi di sin menurut (James.A.F.Stoner, 1996) terlihat bahwa ilmu manajemen bolehdikatakan suatu  seni.

“ Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.”

Definisi ini mengandung  arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan  berbagai  tugas yang mungkin diperlukan atau berarti dengan tidak melakukan tugas-tugas itu sendiri. Para pakar ekonomi mengatakan bahawa manajemen itu mempunyai arti yang sangat luas, sehingga dalam kenyataannya tidak ada definisi yang digunakan  secara  konsisten oleh semua orang.

Sedangkan (George R. Terry,1994) menyatakan sebagai berikut :

“ Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.”

“Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang  terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta amencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber-sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.”

Dari definisi di atas bahwa  ada yang mengatakan bahwa manajemen itu adalah seni dan proses. Manajemen  dikatakan  sebagai seni karena mengandung arti bahwa hal itu  adalah kemampuan atau keterampilan pribadi. Sedangkan manajemen dikatakan sebagai suatu proses karena ada cara sistematis untuk melakukan pekerjaan atau karena manaje tanpa memperdulikan kecakapan atau keterampilan khusus mereka. Harus melaskanakan kegiatan tertentuyang saling bersangkutan untuk tujuan yang mereka inginkan.

Dari uraian diatas menunjukkan juga bahwa para manajer menggunakan semua sumber daya organisasim keuangan, peralatan dan informasi seperti halnya orang dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Orang atau manusia adalah sumber daya yang  terpenting bagi setiap organisasi, tetapi  para manajer tidak akan daapat mencapai tujuan secara optimal bila mereka mengaikan sumber daya organisasi lainnya.

Definisi Manajemen | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *