Definisi Operasional

Definisi operasional merupakan semcam petunjuk pelaksanaan dalam mengukur suatu variabel. Kerlinger menyebutkan definisi operasional sebagai (proses) meletakan arti pada suatu variabel yaitu dengan cara menetapkan kegiatan-kegiatan atau tindakan-tindakan yang perlu untuk mengukur variabel tersebut. Singaktnya definisi dalam hal ini secara praktis akan memberikan batasan atau arti suatu variabel dengan merinci hal yang harus dikerjakan oleh peniliti untuk mengukur variabel tersebut.

1.      Motivasi Belajar

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan.

Adapun definisi operasional dari variabel-variabel dan indikator-indikator tersebut dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

a.       Motivasi Instrinsik

Yaitu; motif-motif yang berfungsi secara alami tanpa perlu rangsangan dari luar berbagai motivasi instrinsik

1)      Dorongan ingin tahu: yaitu, keinginan untuk mengetahui dan menyelidiki sesuatu yang belum diketahui secara jelas dan benar.

2)       Dorongan ingin berhasil: yaitu, keinginan untuk mencapai sesuatu yang dicita-citakan

3)      Dorongan ingin bekerja sama: yaitu, keinginan untuk berafiliasi dengan orang lain.

4)      Dorongan rasa percaya diri: memilki sikap positif untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan yang dihadapinya.

5)      Frekuensi belajar:  Sesuatu yang memiliki keinginan untuk dapat mencapai prestasi yang maksimal.

6)      Kedisiplinan masuk sekolah: Adanya sebuah peraturan yang melatih kedisiplinan kita.

b.      Motivasi Ekstrinsik

Yaitu, motivasi-motivasi yang berfungsi karena ada perangsang dari luar. Beberapa contoh motivasi ekstrinsik adalah:

1)      Ingin mendapat pujian atau penghargaan dari teman, guru

2)      Ingin mendapat insentif yang berupa materi

 

2.      Prestasi Belajar

Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak pernah melakukan suatu kegiatan. Pencapaian prestasi tidaklah mudah, akan tetapi kita harus manghadapi berbagai rintangan dan hambatan hanya dengan keuletan dan optimis dirilah yang dapat membantu untuk mencapainya.

Adapun indikator dari prestasi belajar siswa adalah nilai rata-rata raport siswa MAN 3 kelas II semester ganjil tahun akademik 2005-2006.

Definisi Operasional | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *