Domain .google Ingin Tantang .com

Google tampaknya ingin mengalahkan eksistensi domain .com. Raksasa internet ini berencana membuat gebrakan dengan meluncurkan domain sendiri, .google.

Kepada Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), pekan ini Google telah mendaftarkan .google sebagai Top Level Domain (TLD). Google diberi tenggat waktu hingga 20 April untuk mengurus hak kepemilikan nama domain tersebut.

“Kami ingin membantu pengalaman berinternet yang lebih mulus bagi para pengguna web, salah satu hal yang mendukung inovasi dan kompetisi di dunia internet,” kata Google seperti dilansir SlashGear, Jumat (13/4/2012).

Langkah Google ini dilatarbelakangi keputusan ICANN tahun lalu yang membolehkan sebuah perusahaan atau organisasi membuat domain sendiri. Status domain ini nantinya sama seperti domain yang sudah lebih dulu populer seperti .com, .org, atau .net. Mereka yang ingin membuat domain sendiri akan dikenakan biaya sebesar USD 185 ribu.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Patent and Trademark Office Amerika Serikat, sudah ada 58 trademark dengan nama Google. Tidak semua trademark ini milik Google, namun sebagian besar memang dimiliki raksasa mesin pencarian tersebut.

Domain .google Ingin Tantang .com | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *