Elemen Harga Pokok Produksi

Elemen-elemen harga pokok produksi merupakan elemen-elemen biaya yang berhubungan dengan harga pokok. Elemen harga pokok produksi dibagi menjadi 3 (tiga) elemen yaitu : 1) Biaya Bahan Baku,  2) Biaya Tenaga Kerja, dan 3) Biaya Overhead Pabrik. Menurut Mulyadi (1999:14) biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut pula dengan istilah biaya utama (prime cost),
sedangkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik sering pula disebut dengan istilah biaya konversi (conversion cost), yang merupakan biaya untuk mengkonversi (mengubah) bahan baku menjadi produk jadi.

1.  Biaya Bahan Baku

Menurut Mulyadi (1999:295) bahan baku merupakan bahan yang membentuk bagian menyeluruh produk jadi.

2.  Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian biaya tenaga kerja menurut Mulyadi (1999:343) adalah harga yang dibebankan untuk penggunaan tenaga kerja manusia tersebut. Biaya tenaga kerja dapat dibagi kedalam tiga golongan besar yaitu gaji dan upah bruto dikurangi dengan potongan-potongan seperti pajak penghasilan karyawan dan biaya asuransi hari tua, premi lembur, dan biaya-biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja (labor related costs).

3.  Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead pabrik adalah biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Menurut Mulyadi (1999:208) biaya-biaya produksi yang termasuk dalam biaya overhead pabrik dikelompokkan menjadi beberapa golongan sebagai berikut:

a.  Biaya bahan penolong

b.  Biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap

c.  Biaya tenaga kerja tak langsung

d.  Biaya yang timbul sebagai akibat penilaian terhadap aktiva

e.  Biaya yang timbul sebagai akibat berlalunya waktu

f.  Biaya overhead pabrik lain yang secara langsung memerlukan pengeluaran uang  tunai.

Elemen Harga Pokok Produksi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *