Entity-Relationship Diagram

Diagram E-R menurut Fathansyah (2002:79), merupakan “komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut-atribut yang merepresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata yang kita tinjau”.

Diagram E-R pertama kali dideskripsikan oleh Peter Chen dalam bukunya “The Entity Relationship Model -Toward a Unified of Data”. Dalam buku ini Chen mencoba merumuskan dasar-dasar model setelah itu dikembangkan dan dimodifikasi oleh Chen dan banyak pakar lain.

Dalam penggunaannya, Diagram E-R memiliki 2 (dua) bentuk yaitu ada yang bentuknya Physical dan Conceptual. ERD Physical merupakan penggambaran relasi atau hubungan antar entitas yang digambarkan dalam bentuk fisik tabel-tabel serta komponen-komponen tabel tersebut. Sedangkan ERD Conceptual merupakan penggambaran relasi atau hubungan antar komponen yang dilengkapi dengan kunci relasi, yang berguna untuk menghubungkan entitas dengan relasi.

Beberapa simbol yang dipergunakan dalam ERD Conceptual, dapat dilihat sebagai berikut :

Tabel 2.2

Notasi Diagram E-R Dasar (Adi Nugroho, 2004:55)

 

Simbol Dasar

Simbol

Nama

 

 

 

Entitas Kuat

( Set Entity Kuat)

 

 

 

 

Entitas Lemah

(Set Entity Lemah)

 

 

 

Entitas Asosiatif

(Set Entity Asosiatif)

 

 

 

Relasi

 

 

 

Atribut

(Entity)

 

 

 

Atribut Bernilai Banyak

(Entity Bernilai Banyak)

 

 

 

 

Atribut Turunan

(Entity Turunan)

 

Relasi

 

Secara lebih lanjut dapat dijelaskan sebagai berikut :

Entitas kuat (Set Entity kuat)/ Stong Entity Type merupakan entitas yang mandiri, keberadaannya tidak tergantung kepada entitas lain, mempunyai atribut kunci.

Entitas lemah (Set Entity lemah)/Weak Entity Type merupakan entitas yang keberadaannya justru sangat bergantung pada keberadaan entitas lain yaitu entitas yang tidak mempunyai atribut kunci. WET diidentifikasikan dengan menghubungkan entitas tertentu dari tipe entitas yang lain ditambah atribut dari WET.

Entitas Asosiatif, merupakan entitas yang muncul karena ada relasi tertentu antar entitas

Relasi adalah suatu asosiasi yang berada antara dua jenis entitas dan merupakan perekat yang menyatukan komponen yang berbeda dalam diagram ER.

Atribut (Entity), merupakan property, karakteristik yang dimiliki sebuah entitas. Atribut Bernilai banyak, merupakan atribut yang memiliki nilai lebih dari satu. Misalnya atribut hobi yang dimiliki seseorang, pasti akan bernilai banyak. Atribut turunan, merupakan atribut yang didapat dari atribut lain. Misalnya, diperlukan sebuah atribut lama pendidikan, maka atribut tersebut dapat dihitung dari nilai yang ada pada atribut NIM, dengan mengurangkan tahun ini dengan kode tahun yang ada di NIM tersebut.

Entity-Relationship Diagram | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *