EVALUASI METODE

EVALUASI METODE

 

QAWA’ID TARJAMAH

(طريقة القواعد والترجمة)

LANGSUNG

(الطريقة المباشرة)

DENGAR UCAP

(الطريقة السمعية الشفوية)

*   Dapat mengakibatkan  penguasaan  qawa’id sebagai ‘tujuan’, bukan sebagai alat

* Terpusat pada pembelajaran di dalam kelas dengan hanya menggunakan buku pegangan

* Siswa sulit berbahasa lisan

*  Beban guru relatif ringan

*  Cocok untuk kelas dengan jumlah siswa yang besar

*  Dapat membuat siswa mampu membaca dan  menulis dalam waktu  relatif singkat dibanding dengan metode yang lain.

* Dapat menciptakan suasana belajar yang real dan hidup.

* Motivasi belajar siswa tinggi;

* Ketiadaan bahasa ibu, banyak waktu pembelajaran dihabiskan secara tidak efisien

* Ketiadaan qawa’id secara eksplisit, siswa tidak memiliki pegangan untuk berbahasa yang benar.

* Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dan mampu berbahasa lisan;

* Kegiatan ‘ta’bir hur’ dapat  mengakibatkan  intervensi BI dalam penggunaan kata-kata atau susunan kalimat.

* Siswa menguasai struktur/pola kalimat dengan baik

* Tadribat/drill dapat mengakibatkan sikap membeo &   generalisasi yang salah (تعميم خاطئ)

* Materi qawaid tidak mendapatkan porsi  yang cukup, karena materi qawa’id yang dijelaskan hanyalah qawa’id yang tercermin dalam hiwar.

* Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dan mampu berbahasa lisan;

 

 

 

METODE EKLEKTIK (الطريقة الانتقائية) ?

TUJUAN PEMBELAJARAN

…………………………………………………………………………………………………………

MATERI AJAR

…………………………………………………………………………………………………………

TEKNIK/MEDIA PENGAJARAN

…………………………………………………………………………………………………………

EVALUASI

…………………………………………………………………………………………………………

EVALUASI METODE | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *