Faktor Interen dalam Mempenggaruhi Hasil Belajar Siswa

Faktor interen (dari diri sendiri)

Menurut Suryadi Suryabrata (1995 : 253) yang termasuk faktor interen antara lain :

1.)    Faktor fisiologis

Kondisi fisik anak, hal ini sangat menentukan keberhasilan anak dalam belajar. Anak yang kelelahan akan mengalami kesulitan mendapat hasil belajar secara maskimal. Disamping itu juga fungsi panca indra yang terdapat pada fisik mereka. Karena dengan panca indra yang masih berfungsi dimungkinkan akan berpengaruh terhadap hasil belajar sesuai keinginan.

Faktor fisik sangat menentukan keberhasilan belajar, sebagaimana pernyataan Prof. Dr. S. Nasution memberikan petunjuk tentang belajar efektif dan efesien, disebutkan :

“Belajar memerlukan tenaga, karena itu untuk mencapai hasil yang baik diperlukan badan sehat. Anak sakit, kurang makan, kurang tidur atau kurang alat indranya tidak dapat belajar dengan baik (efektif). Kekurangan itu harus ditiadakan dahulu kemungkinan diperlukan bantuan dokter”. (S. Nasution, 1992 : 42).

 

2.)    Faktor psikologis

Kondisi jiwa anak menurut Arden N Fransen dalam bukunya “Principles of Learning and Teaching”seperti yang dikutip Sumadi Suryabrata (1995 : 253) ada 2 hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

Pengaruh positif itu diantaranya meliputi :

a.)    Adanya sifat ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas.

b.)    Adanya sifat kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk simpati pada orang lain.

c.)    Adanya suatu keinginan untuk memperbaiki setiap kegagalan.

Sedangkan pengaruh negatif dari jiwa anak antara lain :

a.)    Tujuan belajar yang tidak jelas (mereka belum tahu apa tujuan mereka belajar).

b.)    Kurang berminat terhadap pelajaran (mereka belum mengetahui untuk apa pelajaran dipelajari).

Sebagaimana uraian diatas, maka baik faktor fisiologis maupun psykologis siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajarnya.

Faktor Interen dalam Mempenggaruhi Hasil Belajar Siswa | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *