Faktor yang Mempengaruh Presepsi

Orang-orang dapat membentuk persepsi yang berbeda dari rangsangan (stimulus) yang sama karena tiga faktor persepsi, yaitu eksposur selektif, distorsi selektif, dan retensi selektif (Kotler,1997:169).

a.  Eksposur selektif

Eksposur selektif adalah kecenderungan orang untuk mengakibatkan sebagian besar informasi yang diterimanya. Orang-orang dihadapkan pada sejumlah besar rangsangan setiap hari. Tidak mungkin bagi seseorang untuk menaruh perhatian pada seluruh rangsangan ini, sebagian besar akan terabaikan. Eksposur  selektif  berarti bahwa pemasar harus bekerja ekstra keras untuk menarik perhatian konsumen. Pesan-pesan mereka akan lenyap pada sebagian besar orang yang tidak ada dalam pasar produk tersebut. Lebih dari itu, bahkan orang-orang yang ada di dalam pasar tidak melihat pesan tersebut kecuali jika iklan itu lebih menonjol dari lautan iklan lain yang mengelilinginya.

b.  Distorsi selektif

Distorsi selektif menjelaskan kecenderungan orang-orang dalam mengadaptasi informasi ke dalam pengertian pribadi. Orang-orang cenderung menginterpretasi informasi dalam cara yang akan mendukung apa yang mereka yakini. Distorsi selektif berarti bahwa pemasar harus berupaya memahami kerangka berfikir konsumen dan bagaimana pengaruhnya terhadap interpretasi iklan dan promosi penjualan.

c.   Retensi selektif

Merupakan kecenderungan orang-orang untuk mempertahankan hanya sebagian informasi yang akan mereka buka, biasanya informasi yang mendukung sikap dan kepercayaan mereka.

 

            Dengan demikian pemilihan persepsi akan menjamin konsumen dalam penerimaan informasi yang relevan sehingga dapat mengevaluasi kebutuhan dan keinginannya dan kemudian melakukan keputusan pembelian.

            Menurut Robbins (1996:122) faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi berasal dari pelaku persepsi (perceiver), target yang dipersepsikan, dan konteks situasi persepsi itu dilakukan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

a.   Pelaku Persepsi

Jika individu memandang pada suatu target dan mencoba menafsirkan apa yang dilihatnya, maka penafsirannya tersebut akan dipengaruhi karakteristik pribadi dari pelaku persepsi. Karakteristik pribadi yang dapat mempengaruhi persepsi antara lain sikap, motif, kepentingan, pengalaman, dan pengharapan.

b.   Faktor Pada target

Karakteristik pada target yang akan diamati dapat mempengaruhi apa yang dipersepsikan, antara lain berupa hal baru, gerakan, bunyi, ukuran, latar belakang,  dan kedekatan target dipandang tidak dalam keadaan sendirian tetapi dalam kelompok bersama. Oleh karena itu makin besar kemiripan suatu produk dengan produk lain, makin besar kemungkinan dipersepsikan sebagai kelompok bersama.

c.   Faktor situasi

Unsur-unsur dalam lingkungan sekitar akan mempengaruhi persepsi seseorang, antara lain waktu, keadaan, tempat kerja, dan keadaan sosial.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi merupakan penilaian individu mengenai kesamaan dan ketidaksamaan di antara seperangkat obyek, antara lain dapat berupa variabel-variabel dalam bauran pemasaran yang diterapkan oleh produsen produk tersebut.

Faktor yang Mempengaruh Presepsi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *