FENOMENA ‘IWAK PEYEK’ KEMIRIPAN LAGU ‘IWAK PEYEK’ DENGAN LAGU BAND PUNK INGGRIS, LAGU SUPORTER KLUB SEPAKBOLA YUNANI & LAGU PERSEBAYA.

Perseteruan antara Trio Macan dengan band asal Surabaya,  Arek Band, terkait lagu Iwak Peyek memang telah berakhir. Kedua pihak sudah saling bertemu dan sepakat untuk mengambil jalan damai. Namun masalah baru justru muncul setelah itu. Sebuah lagu dengan nada yang nyaris sama ternyata telah diciptakan dan populer jauh lebih dulu di Eropa.

Adalah sebuah band Oi Punk asal Inggris, Cock Sparrer, yang disinyalir lebih dulu menyanyikan lagu dengan nada yang sangat mirip dengan Iwak Peyek melalui singlenya, Take ‘Em All. Lagu tersebut telah dirilis tahun 1983, jauh sebelum Arek Band maupun Trio Macan berdiri.

Sementara itu, di belahan lain Benua Eropa, sebuah chant dari kelompok supporter sepak bola asal Yunani, Olympiakos juga terdengar tak kalah mirip dengan lagu Iwak Peyek. Di sebuah video Youtube yang diupload sejak tahun 1996, para supporter dari kota Piraeus tersebut benar-benar menyanyikan lagu menyerupai Iwak Peyek walau tidak ada aroma dangdut seperti yang disuguhkan Trio Macan.

Sedangkan Iwak Peyek ‘versi’ Indonesia diciptakan oleh H Imron, yang mengaku menulis lagu tersebut dengan tujuan sebagai pemompa semangat supporter bola asal Surabaya, Persebaya. H Imron memilih mempersembahkan lagu tersebut untuk Arek Band dengan alasan tertentu.

“Arek Band, akhirnya saya berikan karena lagunya mudah dicerna dan saat itu lagunya telah menggema Jawa Timur,” ujar H Imron.

Sebelumnya, Arek Band sempat merasa Trio Macan tidak meminta izin terhadap pemakaian lagu tersebut. Bahkan Arek Band sempat memberi ultimatum agar grup dangdut tersebut segera meminta maaf. “Ya, kami masih menunggu itikad baik dari Trio Macan untuk datang ke kami baik-baik. Kalau tidak ada itikad baik, kami akan buat perhitungan,” ujar Roy, vokalis Arek Band pada akhir Maret lalu.

Kedua belah pihak termasuk H Imron akhirnya sepakat untuk berdamai terkait masalah ini. Sayangnya belum ada komentar resmi dari mereka terkait dengan fakta kemiripan lagu Iwak Peyek dengan lagu milik Cock Sparrer maupun supporter Olympiakos.

 

Benarkah lagu-lagu tersebut mirip?

 

FENOMENA ‘IWAK PEYEK’ KEMIRIPAN LAGU ‘IWAK PEYEK’ DENGAN LAGU BAND PUNK INGGRIS, LAGU SUPORTER KLUB SEPAKBOLA YUNANI & LAGU PERSEBAYA. | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *