Fungsi Bank

Bank sebagai lembaga keuangan sangat mendukung kemajuan lalu-lintas pembayaran, perdagangan dan pembangunan ekonomi. Bank berperan mengumpulkan dana (tabungan) dan menjadi sumber pembayaran modal (kredit) pada perusahaan. Bank sebagai pelaksana lalu-lintas pembayaran mendorong kemajuan perdagangan, barter ke perdagangan uang akhirnya ke perdagangan kredit, sehingga pembangunan ekonomi semakin maju.

Kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh bank pada dasarnya ditentukan antara lain oleh fungsi-fungsi yang melekat pada bank yang bersangkutan. Adapun fungsi bank adalah : (Soediyono Reksoprayitno, 1997:48-51)

1. Fungsi Pengumpulan Dana

Yang dimaksud disini adalah dana masyarakat yang disimpan di bank terutama dalam bentuk giro, deposito, dan tabungan. Ketiga sumber dana inilah yang merupakan sumber-sumber dana utama bank, selain sumber yang berasal dari modal sendiri bank, yang terdiri dari modal penyertaan dan laba yang tidak dibagikan.

2.   Fungsi Pemberian Kredit

Dana yang dikumpulkan melalui penerimaan giro, deposito dan tabungan oleh bank harus segera “dijalankan” atau “ diputarkan “, sebab dari dana yang dikumpulkan tersebut bank terkena beban biaya berupa jasa giro, bunga deposito, bunga tabungan dan biaya operasional, seperti gaji, sewa gedung atau penyusutan. Pemakaian dana yang pada umumnya bagi bank paling menguntungkan dan tidak banyak mengganggu likuiditas bank adalah pemberian kredit jangka pendek kepada pihak ketiga yang membutuhkan.

3. Fungsi Penanaman Dana atau Investasi

Yang dimaksudkan investasi dalam manajemen bank adalah penanaman dana dalam bentuk surat berharga, baik surat tanda pemilikan (saham) atau surat tanda utang (surat obligasi, surat wesel). Salah satu ciri khas dari penanaman modal ialah bahwa dari penanaman tersebut si penanam modal memperoleh imbalan berupa pendapatan modal yang bisa berupa bunga (termasuk didalamnya diskonto), laba atau deviden

4. Fungsi Pembayaran

Transaksi pembayaran sering diartikan sebagai kegiatan menunaikan pelunasan secara keseluruhan atau sebagian kewajiban finansial. Dalam fungsi pembayaran ini pelaksanaannya dilakukan melalui cek, bilyet giro, surat wesel, kupon, transfer uang, baik melalui surat ataupun telegram.

5. Fungsi Pemindahan Mata Uang

Kegiatan ini biasanya disebut pentransferan uang. Untuk melaksanakan transfer uang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Dalam kegiatan pemberitahuan kepada penerima bisa melalui telegram, surat ataupun dengan menyerahkan wesel atas nama atau wesel atas unjuk diantara sesama kantor cabangnya. Penarikan atas saldo kredit yang ada pada bank korspondennya bisa juga dilakukan secara telegram, wesel unjuk atau dengan cek.

Fungsi Bank | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *