‘Galaxy Jumbo’ Bawa Samsung Tumbangkan Apple

Pertarungan Apple dan Samsung di pasar smartphone kembali sengit. Setelah sempat dikalahkan Apple soal penjualan smartphone di kuartal IV 2011, vendor asal Korea Selatan itu kembali bertaji dan merengkuh kembali posisi pertama.

Majalah bisnis Forbes yang mengutip laporan dari lembaga investasi perbankan Canaccord Genuity menyatakan bahwa Samsung menjual 41 juta unit smartphone dari bulan Januari sampai Maret 2012. Pangsa pasar mereka sendiri berjumlah 28,2%.

Sedangkan di periode yang sama, Apple menjual 32,6 juta smartphone yang menempatkan mereka di posisi dua. Market share Apple di kisaran 22,4%.

Di belakangnya ada Nokia dengan pangsa pasar 8,5%, diikuti BlackBerry dengan 7,6%. Sementara Huawei menempati posisi lima dengan market share 5,8%.

Samsung merajai pasar smartphone antara lain berkat kehadiran handset Galaxy Note. Smartphone ukuran jumbo ini telah terjual sekitar 5 juta ini sejak dirilis akhir tahun lalu.

“Unit produk Samsung yang luas dan keragaman harga menghasilkan kenaikan pangsa pasar di pasar smartphone pre paid di Eropa dan Asia,” demikian laporan Forbes yang dilansir Chosun Ilbo dan dikutip detikINET, Rabu (4/4/2012).

Analisis dari pengamat pasar yang lain juga menempatkan Samsung di posisi pertama. Dongbu Securities misalnya, menyebutkan Samsung menjual sekitar 43 juta unit ponsel cerdas di kuartal I 2012.

‘Galaxy Jumbo’ Bawa Samsung Tumbangkan Apple | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *