Gara-gara Apple & Samsung, Profit HTC Anjlok 70%

HTC yang selama ini selalu bersaing ketat dengan iPhone dan Samsung Galaxy di kuartal ini belum mendapatkan keberuntungannya. Keuntungan HTC malah anjlok hingga 70%. Semua produk yang diluncurkan harus kalah dengan iPhone 4S dan Galaxy Note.

Hegemoni Samsung dan Apple di pasar ponsel cerdas memang tak terbendung. Bahkan pesaing dua perusahaan itu harus gigit jari melihat pertumbuhan penjualan produk kompetitornya itu.

Salah satu vendor yang kalah bersaing itu adalah HTC. Pabrikan asal Taiwan itu mengumumkan bahwa keuntungannya sebelum pajak di kuartal 1 2012 adalah sejumlah USD 150 juta. Turun 70% dari periode yang sama tahun sebelumnya

Anjloknya keuntungan merupakan imbas dari total penjualan yang turun sekitar sepertiga pada kuartal pertama 2012. Perusahaan itu mengatakan semua produk yang diluncurkan pada akhir 2011 kurang mampu melawan dengan baik iPhone 4S milik Apple dan Galaxy Note besutan Samsung.

HTC memang menggantungkan harapan besarnya pada sistem operasi Google Android. Meskipun mereka juga menjual perangkat yang menjalankan platform lain seperti Windows Phone, seperti dilansir Apple Insider dan dikutip detikINET, Sabtu (7/4/2012).

Apple sendiri menguasai sekitar 75 % dari seluruh keuntungan pasar ponsel cerdas. Dan berikutnya pesaing terdekat Apple adalah Samsung.

Gara-gara Apple & Samsung, Profit HTC Anjlok 70% | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *