Gejala Demam Berdarah Super Ampuh

Gejala Demam Berdarah Super Ampuh

 

Gejala Demam Berdarah Super Ampuh
Pengobatan Alami » Gejala Demam Berdarah

 

Gejala Demam Berdarah

 

Wednesday, January 23rd 2013. | Pengobatan Alami

Demam Berdarah Dengue. Apa penyebab demam berdarah lalu bagaimanana ciri-ciri demam berdarah ? Penyakit demam berdarah merupakan demam akut yang diakibatkan oleh virus dengue karena gigitan nyamuk dari genus Aedes yang masuk ke peredaran darah manusia.

Ketika musim penghujan tiba, dan hujan yang terjadi secara terus-menerus maka dapat dipastikan atau berpotensi besar terjadi wabah DB sebab dengan adanya genagan air dimana-mana yang merupakan surga bagi berkembang biaknya nyamuk demam berdarah, maka bisa jadi di tempat Anda merupakan tempat paling endemis bagi nyamuk pembawa maut ini.

Nah salah satu ciri yang membedakan dengan jenis nyamuk lain adalah dia tidak mau berkembang biak pada kondisi air yang kotor dan keruh, seperti got atau peceren dan sejenis namun mereka lebih suka bertelur dan berkembang pada jenis air bersih seperti air hujan pada kaleng bekas, ban bekas, pot bunga dan kolam, pokoknya tempat-tempat yang bisa menampung sisa-sisa air hujan.

Nyamuk termasuk juga nyamuk pembawa virus dengue ini lebih suka tinggal dan berkembang biak pada air menggenang atau tempat air tanpa mengalir, dan tempat favorit mereka adalah pot atau vas bunga yang terdapat air dan jarang terlihat oleh manusia. Untuk itu keberadaan tempat yang bisa memicu DB seperti pot, vas bunga sebaiknya selalu di kontrol dan barang-barang bekas yang bisa menampung air hujan sebaiknya dimusnahkan denagan cara di pendam dalam tanah, jika barang tersebut masih bisa dimanfaatkan sebaiknya di tempakan pada posisi terbalik sehingga tidak bisa menampung air saat hujan tiba.

Penyebab Demam Berdarah
Semua sepatkat bahwa penyebab utama demam berdarah yaitu virus dengue. Virus dengue merupakan jenis virus dari famili Flaviviridae. Jenis virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah adalah DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

Gejala Demam Berdarah
Tanda-tanda atau gejala demam berdarah yang sering terjadi, baru muncul ketika seseorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari 4 jenis virus tersebut serta mengalami infeksi oleh jenis virus dengue yang berbeda. Sedangkan sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah infeksi pertama, ini justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah, tatkala terinfeksi untuk yang ke dua kalinya. Seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup, namun jenis virus yang sama hanya dapat menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk. Ketika virus dengue menyerang seseorang maka akan terlihat tanda-tanda setelah melewati masa inkubasi selama 3 sampai 5 hari sejak seseorang terserang virus.

Demam berdarah dengue atau disingkat DBD pada umumnya diawali dengan gejala seperti penderita demam berdarah klasik yakni terjadinya demam tinggi, pendarahan hebat yang diikuti oleh pembesaran hati dan sistem sirkulasi udara yang cenderung memiliki kegagalan. Ciri lainnya adalah penderita akan mengalami kerusakan pada pembuluh darah, yang di tandai dengan adanya bintik-bintik merah pada kulit, kerusakan pembuluh limfa, pendarahan di bawah kulit sehingga terlihat seperti memar kebiruan, trombositopenia dan jumlah sel darah merah yang selalu meningkat.

Nah untuk lebih mudahnya mengenali adanya demam berdarah sebaiknya kita pahami dahulu akan gejala-gejala umum DB sebab tanda-tanda DB juga hampir mirip dengan gejala penyakit Tipes.

Nah gejala demam berdarah pada umumnya diawali dengan :

  1. Demam tinggi mendadak antara 2 sampai 7 hari (38-40 derajat celsius).
  2. Menggigil, nyeri kepala, nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung pada awal gejala.
  3. Tampak bintik- bintik merah ketika diperiksa dengan uji torniquet.
  4. Terjadi pembesaran hati (hepatomegali).
  5. Tekanan darah menurun sehingga menyebabkan syok.
  6. Terjadi penurunan trombosit di bawah 100.000/mm3 dan terjadi peningkatan hematokrit diatas 20 %.
  7. Pada tingkat lanjut terjadi mimisan dari hidung dan gusi.
  8. Terjadinya melena (buang air dengan kotoran berupa lendir yang bercampur darah).
  9. Tampak bintik-bintik merah sebagai bentuk dari pecahnya pembuluh darah.
  10. Demam yang dirasakan menyebabkan pegal dan sakit pada persendian.
  11. Gejala demam berdarah dengue pada bayi dan anak bisa berupa demam ringan disertai timbulnya ruam makulopapular yaitu ruam berbentuk bintik-bintik merah yang datar dan bintik-bintik merah yang menonjol.
  12. Pada anak remaja dan dewasa dikenal dengan sindrom trias dengue berupa panas tinggi mendadak.

Untuk menyakinkan apakah seseorang telah terinfeksi DB atau gejala panyakit serupa seperti Tipes sebaiknya dilalukan tes darah melalui uji klinik di laboratorium.
Perlu diperhatikan juga bahwa penyakit demam berdarah apabila tidak segera dilakukan penanganan dengan tepat dan cepat maka dapat di pastikan bisa merenggut korban jiwa. Lantas bagaimana mencegah dan mengobati terjadinya penyakit demam berdarah ini ? Untuk Mencegah dan Mengobati Demam Berdarah selengkapnya akan kami turunkan pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat sekilas artikel yang berkaitan dengan gejala demam berdarah.

* Cara Mengobati Penyakit Tipes
* Penanganan Demam Berdarah
* Cara Mengobati Gatal
Pengobatan Alami

 

Gejala Demam Berdarah Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *