Google dan Mozilla Bekerja pada Standar SPDY untuk Akses Web Cepat

Google terus bekerja melakukan optimalisasi di semua bidang untuk membangun sebuah akses web yang lebih cepat. Optimalisasi situs dan layanan dilakukan untuk memanfaatkan setiap kemungkinan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja, termasuk peningkatan arsitektur yang mendasari web itu sendiri. 

Salah satu proyek yang kini coba dikembangkan adalah SPDY (SPeeDY) yaitu sebuah versi standar dari protokol HTTP yang coba dibangun setara dengan kecepatan berpikir. 

Seperti yang ditulis oleh dua orang pakar dari Google yang memimpin proyek SPDY, bahwa: “Chrome, Honeycomb Android Devices dan server Google telah membuktikan sejauh ini dan telah memberi manfaat penting bagi pengguna. “Sebagai contoh, berkat SPDY, dihasilkan persentase yang signifikan dari pengguna Chrome, terlihat penurunan dalam latency pencari ketika kami meluncurkan SSL- search.” 

Sehubungan dengan proyek ini, Google mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat pengguna dan berbagai pihak lainnya yang tertarik dengan upaya mereka untuk merealisasikan protokol yang telah di perbarui ini.

Tujuan utama yang ingin di capai adalah untuk mencapai standarisasi, selain itu juga untuk menghasilkan sebuah versi yang stabil, yang dapat di implementasikan oleh sebagian besar pemain dari pembuat browser hingga web server.

“Kami juga telah melihat serapan dan partisipasi dari masyarakat luas. Baru-baru ini, Firefox juga telah menambahkan dukungan SPDY, yang berarti bahwa segera setengah dari browser yang digunakan akan mendukung SPDY.. Pada bagian depan server, nginx telah mengumumkan rencana untuk melaksanakan SPDY, dan kami kembali aktif bekerja penuh pada fitur mod- spdy untuk Apache, “jelas Google. 

Dalam jangka pendek, Google bersama dengan Mozilla dan mereka yang terlibat akan bekerja menuju versi ‘rancangan-3’ dari SPDY yang akan tersedia pada awal tahun ini.

Hal ini penting karena jika berbicara tentang standardisasi SPDY, maka akan dimulai dalam pertemuan berikutnya pada Internet Engineering Task Force, yaitu salah satu badan yang mengatur standardisasi internet. 

Pertemuan dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Juli tahun ini dan akan diselenggarakan oleh Google, sehingga diharapkan untuk fokus pada banyak proyek-proyek serupa SPDY dan proyek lainnya yang mungkin akan muncul ke permukaan.

Google dan Mozilla Bekerja pada Standar SPDY untuk Akses Web Cepat | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *