Google Drive Tawarkan Penyimpanan Data di ‘Awan’

Google meluncurkan layanan baru bernama Google Drive. Layanan berbasis cloud computing atau komputasi awan ini memungkinkan pengguna menyimpan foto, dokumen dan video di server Google sehingga bisa diakses perangkat yang terkoneksi dengan web dan bisa dishare dengan mudah.

Misalnya, jika pengguna ingin mengirim email video yang direkam dengan smartphone Android, maka ia bisa menguploadnya ke aplikasi mobile Google Drive dan mengirim email link ke video itu. Jadi tak perlu mengirim file terlalu besar. Software produktivitas Google Docs juga terintegrasi dengan Drive.

“Hari ini, kami memperkenalkan Google Drive, sebuah pusat di mana Anda bisa menciptakan, share, berkolaborasi dan menyimpan,” kata Sunda Picai, Senior Vice President of Chrome and Apps Google.

Kehadiran Google Drive pun menyaingi rival yang sudah lebih dulu hadir di pasar layanan penyimpanan cloud, seperti Dropbox dan Microsoft SkyDrive. Drive sendiri awalnya menawarkan storage gratis sampai 5GB.

Setelahnya, user bisa memilih upgrade dengan biaya tertentu. Yaitu 25GB dengan biaya USD 2,49 per bulan, 100 GB dengan USD 4,99 per bulan serta yang terbesar sampai 1 TB dengan ongkos USD 49,44 per bulan.

Layanan cloud saat ini memang telah menjadi populer. Google sendiri dipandang terlambat hadir dengan layanan semacam ini, namun kehadiran Google Drive bisa mengubah arah pasar.

“Facebook juga belum punya layanan cloud dan ini (Google Drive-red) bisa memicu mereka melakukan akuisisi,” kata Richard Edwards, analis di Ovum yang detikINET kutip dari USAToday, Rabu (25/4/2012). Google Drive bisa diakses di sini.

Google Drive Tawarkan Penyimpanan Data di ‘Awan’ | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *