HAL-HAL YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA BAYI KEMBAR

1.      Faktor usia.

Satu alasan meningkatnya kelahiran bayi kembar di Amerika adalah tren dalam menunda kehamilan. Kehadiran bayi-bayi kembar ini meningkat di kalangan wanita berusia di atas 35 tahun. Kesempatan Anda memiliki bayi kembar jika usia Anda di bawah 25 tahun kurang dari separuh daripada jika Anda berusia di atas 35 tahun.

2.      Kemungkinan kembar dihadirkan oleh teknologi reproduksi.

Anda mungkin belum pernah mendengarnya, namun obat-obatan yang mendukung terjadinya ovulasi (untuk menyuburkan) maupun in-vitro fertilization (IVF) ternyata meningkatkan kemungkinan hadirnya bayi kembar. Selama tahun 1973 hingga 1990, kelahiran kembar meningkat dua kali dibandingkan bayi tunggal, dan kembar tiga dan selebihnya juga meningkat tujuh kali lipat.

3.      Keluarga dekat Anda kembar.

Anda bisa memprediksi bahwa Anda mungkin punya kesempatan melahirkan bayi kembar sebelum Anda dinyatakan hamil, jika keluarga Anda memiliki keturunan kembar fraternal (dizygotic). Kebalikan dengan apa yang diyakini oleh sebagian orang, Anda tidak perlu melewati satu generasi dulu untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Jika ibu atau nenek Anda kembar, Anda pun mungkin mewarisi gen yang menyebabkan Anda melepaskan lebih dari satu telur dalam sekali waktu, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan bayi kembar.

4.      Konsumsi umbi-umbian dan susu.       
      Salah satu buktinya, etnis Yoruba di Afrika Barat yang penduduknya sebagian besar mengkonsumsi umbi-umbian, terkenal sebagai negara   dengan kelahiran kembar tertinggi di dunia. Diyakini bahwa umbi-umbian memiliki zat kimia yang memicu terjadinya hiperovulasi. Sedangkan penelitian di tahun 2006 lalu memperlihatkan, wanita yang mengkonsumsi susu lebih banyak, cenderung memiliki kemungkinan besar untuk mengandung anak kembar.

HAL-HAL YANG MEMUNGKINKAN TERJADINYA BAYI KEMBAR | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *