Hambatan-Hambatan Dalam Pelaksanaan

            Dalam pelaksanaannya ternyata permasalahan yang dihadapi oleh seorang sales justru seringkali timbul setelah transaksi penjualan terjadi. Hambatan-hambatan tersebut biasanya berasal dari tamu yang hendak menggunakan fasilitas hotel. Berikut ini adalah hambatan-hambatan yang senantiasa terjadi :

1.      Tamu tidak mendapatkan kamar yang diinginkan dikarenakan tingginya tingkat hunian kamar. Hal ini kerap kali terjadi dan diselesaikan dengan meng-up grade tamu ke kamar yang lebih mahal dari harga yang seharusnya dia bayar. Penyelesaian seperti ini memang mengakibatkan kerugian untuk hotel tetapi hal ini terpaksa di tempuh untuk kepuasan tamu sehingga untuk waktu mendatang diharapkan tamu tersebut akan kembali menginap di Aston Hotel.

2.       Keinginan tamu untuk meminta tambahan furniture di kamar untuk saat ini tidak dapat dipenuhi oleh bagian Housekeeping dikarenakan terbatasnya jumlah persediaan barang yang ada. Oleh karena itu Housekeeping sudah mengeluarkan memo untuk setiap sales mengenai daftar barang yang tidak bisa diminta oleh tamu, tetapi apabila sales tersebut sudah terlanjur menjanjikan maka Housekeeping berupaya menyediakannya dengan mengambil barang tersebut dari kamar-kamar yang sedang diperbaiki dan tidak bisa dijual.

3.      Tidak setiap permintaan aplikasi fasilitas kredit disetujui oleh bagian accounting. Padahal fasilitas ini merupakan salah satu daya tarik yang dijual sales pada saat menawarkan kamar kepada klien. Dalam hal ini sales yang bersangkutan akan menyarankan kepada kliennya untuk membayar deposit atau open credit card.

4.      Tidak tersedianya showing room  untuk kegiatan site inspection. Hal ini terjadi karena occupancy yang tinggi yang menyebabkan terjualnya kamar tersebut untuk tamu yang akan check-in. Dalam hal ini biasanya sales akan mencari kamar yang sudah bersih dan siap untuk tamu yang akan check-in sore sehingga paginya kamar tersebut bisa diperlihatkan kepada kliennya yang memang sudah ada perjanjian untuk site inspection.

            Sejauh ini hambatan-hambatan yang terjadi tersebut dapat diatasi dengan baik berkat adanya kerjasama yang baik antara sales person dan setiap bagian-bagian yang terdapat di hotel.

Hambatan-Hambatan Dalam Pelaksanaan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *