High Tech? Atau Bu Tech?

High Tech? Atau Bu Tech?

Anda mungkin bingung dengan judul artikel di atas. Saya yakin Anda mengerti apa yang saya maksud dengan High Tech. Tapi, Bu Tech itu apa? Yang saya maksud dengan Bu Tech adalah “Buta Technology” atau sering disebut GapTek (Gagap Teknologi). Tapi apa pula hubungannya dengan bisnis network-marketing?

Artikel ini saya tulis untuk meng-informasikan tentang pentingnya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menunjang perkembangan bisnis network-marketing Anda. Seperti yang telah Anda ketahui, industri network-marketing sendiri telah ada selama hampir 50 tahun. Tetapi apakah cara Anda menjalankan bisnis network-marketing Anda masih menggunakan metode 50 tahun yang lalu?

Selama 10 tahun terakhir, telah banyak sekali perkembangan teknologi yang dapat membantu perkembangan bisnis network-marketing Anda. Contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Dulu, presentasi harus dilakukan melalui Business Opportunity Meeting, atau One-on-one, dimana seorang distributor harus berbicara sampai berbusa-busa. Sekarang, presentasi dapat dilakukan dengan meminjamkan kaset, VCD maupun melalui situs internet.
  2. Dulu, untuk mengirimkan brosur harus dilakukan melalui surat yang dikirim lewat kantor pos. Sekarang, mesin fax dapat dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dan akan diterima dalam waktu singkat.
  3. Dulu, untuk berkomunikasi dengan distributor / downline harus lewat telpon SLJJ yang harganya mahal. Sekarang, komunikasi dengan distributor / downline dapat dilakukan lewat email, ataupun lewat telpon murah (VoIP) yang banyak ditawarkan melalui calling card. Pembicaraan SLJJ melalui VoIP harganya hampir 70% lebih murah dari telpon SLJJ biasa.
  4. Dulu, untuk melakukan training, support dan motivasi harus dilakukan melalui meeting. Sekarang, training, support dan motivasi dapat dilakukan melalui milis (misalnya milis di YAHOOGROUPS) maupun melalui situs internet (misalnya di NETWORKER-INDONESIA.COM ini).
  5. Dulu, untuk belanja produk harus mengunjungi stokist maupun kantor-pusat perusahaan network-marketing Anda. Sekarang, belanja produk dapat dilakukan melalui e-commerce website dan akan langsung dikirim ke alamat rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu untuk mengembangkan jaringan distributor Anda tanpa harus melakukan perjalanan jauh hanya untuk membeli produk.
  6. Dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah :

  1. Apakah Anda telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk perkembangan bisnis network-marketing Anda?
  2. Apakah perusahaan network-marketing tempat Anda bergabung menjadi distributor telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk bisnis mereka?

Jika Anda menjawab “Tidak” atau “Belum” untuk kedua pertanyaan di atas, segeralah hubungi saya untuk mengetahui cara-cara supaya Anda dapat memanfaatkan teknologi terbaru untuk membantu & mempermudah cara Anda dalam mengembangkan bisnis network-marketing Anda.

————————————

High Tech? Atau Bu Tech? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *