Hubungan Antara Budget Kas, Likuiditas, Rentabilitas

Dalam pembelanjaan perusahaan antara likuiditas dan rentabilitas mempunyai hubungan yang sangat erat, bahkan keduanya tidak dapat dipisahkan, karena merupakan unsur analisa dalam pembelanjaan yang saling mempengaruhi.

 

Untuk itu likuiditas dan rentabilitas harus sama-sama diperhatikan. Bagi suatu perusahaan, adalah hal yang penting bagaimana menggunakan atau mengalokasikan dana/modal dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan keuntungan/rentabilitas semaksimal mungkin.

Syamsuddin(1995:205) mengatakan bahwa :

“Pemahaman atas bagaimana meningkat dan menurunnya tingkat keuntungan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dapat dimengertinya ide tentang kaitan (trade off) antara profitabilitas dengan resiko. Dalam konteks ini, profitabilitas diukur dengan jumlah keuntungan sedangkan rasio diukur untuk berada dalam keadaan “technically insolvent” (ketidakmampuan untuk membayar kewajiban-kewajiban atau utang-utang pada saat jatuh tempo). Resiko pada umumnya diukur dengan jumlah net working capital.

 

Diasumsikan bahwa besar jumlah net working capital yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka semakin kecil resiko yang dihadapinya. Dengan perkataan lain, semakin besar jumlah net working capital, semakin likuid keadaan perusahaan dan oleh karena itu akan semakin kecil pula risiko untuk berada dalam keadaan technically insolent. Sebaliknya semakin kecil net working capital (likuiditas) akan semakin besar risiko yang dihadapi oleh perusahaan.

Dalam menilai trade off antara profitabilitas dan resiko sehubungan dengan tingkat net working capital, digunakan tiga asumsi dasar :

  • Pembahasan yang dilakukan berhubungan dengan perusahaan industri
  • Aktiva lancar kurang menguntungkan atau tidak memberikan hasil sebesar aktiva tetap.
  • Modal jangka pendek lebih murah dibandingkan dengan modal jangka panjang.

            Semakin besar rasio aktiva lancar terhadap total aktiva, semakin kecil profitabilitas yang diperoleh, demikian pula dengan resiko yang dihadapi.

Hubungan Antara Budget Kas, Likuiditas, Rentabilitas | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *