IDC: Android akan Tumbangkan Microsoft Windows

 

Sistem operasi Android diprediksi semakin populer. Bahkan menurut prediksi biro riset terkemuka IDC, pengapalan perangkat berbasis OS ‘robot hijau’ jumlahnya akan melampaui perangkat berbasis sistem operasi Microsoft Windows.

Saat ini, lebih dari 90% PC di dunia yang terdiri dari laptop dan desktop menjalankan Microsoft Windows. Sedangkan market share Microsoft untuk seluruh perangkat tablet, smartphone dan PC masih sebesar 35,9%. Namun di 2016, analisis IDC menyebutkan market share perangkat Windows menurun jadi 25,1%.

Sedangkan platform Android akan naik dari saat ini 29,4% menjadi 31,1% di tahun tersebut, sehingga menempati posisi pertama. Kemudian, perangkat berbasis iOS dari Apple tumbuh dri 14,6% ke 17,3% di tahun 2016.

Melonjaknya sistem operasi Android tak lepas dari pesatnya pertumbuhan adopsi smartphone dan tablet PC. Dipadu pula dengan semakin murahnya harga perangkat Android. Meski ada catatan profit sejumlah vendor Android mungkin menurun.

“Pertumbuhan Android berhubungan dengan perangkat yang terus menurun harganya. Jadi, meski kami memperkirakan lusinan vendor hardware memiliki sejumlah bagian di pasar Android, beberapa akan sulit mendapat profit,” kata Tom Mainelli, direktur riset di IDC.

Tom menambahkan pertumbuhan smartphone akan didorong oleh konsumen di negara-negara di Asia Pasifik, khususnya China. Demikian seperti detikINET kutip dari DailyMail, Jumat (30/3/2012).

IDC: Android akan Tumbangkan Microsoft Windows | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *