INDUK DISIPLIN PSIKOLINGUISTIK

 

 
 

 
 

INDUK DISIPLIN PSIKOLINGUISTIK

 
Karena nama psikolinguistik merupakan gabungan dari psikologi dan linguistik maka muncul pertanyaan apa induk disiplin psikolinguistik itu, linguistik atau psikologi?

Beberapa pakar berpendapat psikolingusitik berinduk pada spikologi karena istilah itu merupakan nama baru dari psikologi bahasa yang telah dikenal beberapa waktu sebelumnya. Namun di Amerika Serikat pada umumnya, psikolinguistik dianggap sebagai cabang dari linguistik, meskipun Noam Chomsky cenderung menempatkan psikolinguistik sebagai cabang psikologi. Di Perancis pada tahun enam puluhan psikolinguistik dikembangkan oleh pakar psikologi, sedangkan di Inggris psikolinguistik dikembangkan oleh pakar linguistik yang bekerja sama dengan beberapa pakar psikologi dari Inggris dan Amerika Serikat. Di Rusia psikolinguistik telah dikembangkan oleh para pakar linguistik pada Institut Linguistik Moskow. Sebaliknya, di Rumania ada kecenderungan menempatkan psikolinguistik sebagai satu disiplin mandiri, tetapi penerapannya lebih banyak diambil oleh linguistik

Di Indonesia, paikolinguistik dikembangkan di bidang linguistik pada fakultas-fakultas pendidikan bahasa dan belum pada program nonkependidikan bahasa. Psikolinguistik yang dikembangkan dalam pendidikan bahasa sudah seharusnya diserasikan dengan perkembangan linguistik dan perkembangan psikologi. Untuk itu dituntut adanya penguasaan yang seimbang akan teori-teori psikologi. Lalu, yang patut dikembangkan dalam pendidikan bahasa adalah subdisiplin psikolinguistik perkembangan dan psikolinguistik pendidikan.

Sumber: Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

 

 

 

0 komentar:

 

Poskan Komentar

 

 

 
 

 

 

 

 
INDUK DISIPLIN PSIKOLINGUISTIK | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *