Instalasi Arab Pada Windows 7 | Mengetik Arabic dan Mengubah System Locale Windows 7

Untuk bisa mengetik Arabic dalam Windows 7, kita harus menambahkan bahasa Arab. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk Control Panel pilih menu Clock, Language, and Region lalu pilih Region and Language, lalu pilih tabmenu Keyboards and Languages atau dengan cara yang lebih cepat dengan memilih submenu Change keyboards or other input methods di bawah menu Clock, Language, and Region.
  2. Kemudian klik tombol Change keyboards.. lalu akan muncul jendela untuk menambahkan bahasa masukan, kemudian klik Add.
  3. Kemudian akan keluar jendela pilihan bahasa. Cari dan pilih Arabic (Saudi Arabia) dan keyboard tipe 101 untuk ditambahkan ke dalam bahasa komputer Anda. Setelah selesai klik OK.
  4. Sampai di sini Anda sudah selesai memasukkan bahasa Arab dalam komputer Anda. Untuk bisa mengetik menggunakan bahasa Arab pada Micosoft Word atau word processor yang lain Anda cukup mengganti bahasa melalui language bar pada taskbar Anda di kanan bawah layar komputer Anda, atau dengan menggunakan shortcut keyboard Alt+Shift.

Mengubah System Locale

System Locale digunakan untuk mengontrol bahasa yang digunakan ketika menampilkan teks pada program yang tidak mendukung Unicode. System locale bawaan (default) biasanya adalah English. System Locale Arabic dibutuhkan ketika kita akan menginstall program yang mempunyai format Arabic seperti Maktabah Syamilah, dll. Caranya hampir sama dengan menmbahkan bahasa Arab seperti pada langkah di atas. Hanya saja dengan memilih tabmenu Administrative pada jendela Region and Language.

Kemudian klik tombol Change system locale.. lalu akan keluar jendela pilihan system locale, kemudian pilih Arabic (Saudi Arabia).

Selanjutnya restart komputer Anda. Alhamdulillah selesai.

Semoga

Instalasi Arab Pada Windows 7 | Mengetik Arabic dan Mengubah System Locale Windows 7 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *