Intel Membeli Teknologi Jaringan High-Bandwith untuk Membangun “InfiniBand”

Selama bertahun-tahun sepak terjangnnya di dunia teknologi komputer, intel tercatat telah membeli banyak perusahaan, tetapi hal baru yang mungkin lolos dari tebakan adalah akuisisi terbaru yang dilakukan oleh Intel, dimana tidak berhubungan dengan CPU (Central Processing Unit).

Intel telah resmi mengumumkan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan QLogic untuk perolehan dari semua lini produk dan aset tertentu yang terkait dengan bisnis InfiniBand.

Dengan kata lain, perusahaan yang sudah besar ini akan segera memiliki sendiri properti jaringan intelektual dengan bandwidth tinggi, dan dengan teknologi baru ini, raksasa perusahaan Teknologi Informasi yang berbasis di Santa Clara-California ini dapat memulai suatu langkah baru untuk menciptakan aplikasi untuk skala komputasi dengan kinerja tinggi (HPC: High-Performance Computing).

Tidak diumumkan berapa jumlah uang yang telah dikeluarkan Intel untuk membayar QLogic, namun sejumlah pendapat mengatakan bahwa dengan langkah ini, Intel harus bisa memainkan kartu barunya dengan tepat untuk menutupi pengeluarannya dan membuat lebih banyak keuntungan di masa-masa mendatang.

Menurut Intel: “Teknologi dan keahlian dari QLogic merupakan aset penting untuk menyediakan sistem jaringan yang scalable dan diperlukan untuk mewujudkan visi. Dengan menambahkan produk InfiniBand dari QLogic dalam portofolio kami, akan meningkatkan pilihan dan nilai yang luar biasa kepada pelanggan Data Center kami.”

Selama proses transisi ini dimulai, Intel berharap agar sejumlah besar karyawan InfiniBand akan ditawarkan/menerima posisi baru mereka di perusahaan dan dapat mulai bekerja dengan teknologi baru ini untuk mulai menghasilkan produk setelah semuanya selesai dilaksanakan (pada akhir kuartal pertama 2012).

Tujuan dari langkah Intel ini adalah untuk mewujudkan arsitektur jaringan superkomputer tingkat exaflop/s pada tahun 2018.

Sekedar informasi, Satu exaflop / s adalah sama dengan “Satu triliun operasi komputer per detik”.  Itu adalah setara dengan seratus kali lebih dari kekuatan maksimum superkomputer terkuat saat ini. Waowww

Intel Membeli Teknologi Jaringan High-Bandwith untuk Membangun “InfiniBand” | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *