Intel Turbo Boost Technology

 

Untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik pada prosesor generasi ke-2 yang berbasis Intel® Core™ prosesor, perusahaan ini memperkenalkan teknologi terbaru mereka yaitu Intel® Turbo Boost Technology 2.0.

Teknologi ini bekerja secara otomatis meningkatkan performa prosesor  lebih cepat dari frekuensi dasarnya dan mampu bekerja pada batas suhu maksimum.

Intel Turbo Boost Technology 2.0 memungkinkan kinerja prosesor hingga batas tertinggi sesuai dengan permintaan dari Sistem Operasi(OS) pengguna. Frekuensi maksimum Intel Turbo Boost Technology 2.0 tergantung pada jumlah core yang aktif, bila tidak dibutuhkan maka sejumlah core akan di nonaktifkan sementara (idle) hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja pada setiap core dan konsumsi daya sesuai kebutuhan.

Tetapi bila bekerja pada lingkungan operasi dan beban kerja yang berat maka core yang lain akan diaktifkan maksimal sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi waktu. Kesimpulannya bahwa Intel Turbo Boost Technology 2.0 dapat menciptakan suatu sistem kerja yang dinamis sesuai dengan beban kerja yang diberikan pada prosesor.

Intel Turbo Boost Technology 2.0 menggunakan beberapa algoritma yang beroperasi secara paralel untuk mengelola arus, daya, dan suhu untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi energi serta memungkinkan prosesor beroperasi pada tingkat daya yang lebih tinggi dari batas daya pengenal atasnya (TDP) untuk jangka waktu pendek.

Berikut adalah beberapa prosesor keluaran Intel yang telah di lengkapi dengan Turbo Boost Technology 2.0, diantaranya : Intel® Core™ i7-3930K Processor(12M Cache, 3.20 GHz),  Intel® Core™ i5-2430M Processor  (3M Cache, 2.40 GHz), Intel® Core™ i5-2320 Processor (6M Cache, 3.00 GHz).

Intel Turbo Boost Technology | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *