iPad & iPhone Langgar Paten Motorola

Apple dinyatakan melanggar paten milik Motorola Mobility dalam pembuatan produk mobile seperti iPhone dan iPad. Hal itu dikemukakan oleh lembaga pengawas perdagangan Amerika Serikat, International Trade Commisions (ITC).

Hakim Thomas Pender dari ITC dalam keputusan awalnya menyatakan Apple melanggar paten terkait teknologi untuk mengeliminasi suara berisik dan gangguan lain dalam transmisi data dan suara.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (25/4/2012), keputusan tersebut masih akan direview sebelum keputusan final dikeluarkan pada Agustus mendatang.

Motorola Mobility, vendor ponsel yang telah diakuisisi Google ini sejatinya juga menuding Apple melanggar tiga paten lainnya. Namun ITC tidak mendukung klaim tersebut.

Motorola pun menyambut baik keputusan ITC. Mereka meminta perangkat Apple yang terbukti melanggar paten dilarang penjualannya di Amerika Serikat.

Apple sendiri yakin tidak melanggar paten dimaksud. “Pengadilan di Jerman telah mendeklarasikan paten ini invalid, jadi kami yakin kami akan memiliki alasan yang kuat saat banding,” ucap juru bicara Apple, Kristin Huguet.

Apple dan para produsen ponsel Android sudah cukup lama terlibat perang paten yang sengit. Selain dengan Motorola, Apple juga terlibat sengketa paten dengan Samsung yang masih berlangsung hingga sekarang.

iPad & iPhone Langgar Paten Motorola | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *