Jenis Perilaku Konsumen

Engel (1995:183) membedakan jenis perilaku konsumen menjadi empat kelompok besar, yaitu:

a. Perilaku tanggapan rutin

       Ketika membeli barang-barang yang sering dibeli dan berharga murah serta sangat mudah ditemukan dan hanya memerlukan sedikit usaha pengambilan keputusan.

b. Pengambilan keputusan terbatas

Hal ini terjadi ketika mereka jarang membeli produk yang bersangkutan dan ketika mereka memerlukan informasi tentang sebuah merek yang tidak mereka kenal di dalam sebuah kelompok produk yang dikenal.

3. Pengambilan keputusan meluas

Terjadi ketika sebuah pembelian melibatkan produk-produk yang tidak dikenal, mahal, dan jarang dibeli. Misalnya: mobil, rumah, dan sebagainya.

4. Pembelian impulsif

Tidak melibatkan perencanaan yang sadar, melainkan dorongan yang kuat untuk membeli sesuatu.

 

            Perilaku konsumen seperti diuraikan di atas, ditinjau dari tingkat keterlibatan seseorang pada situasi pembelian. Pada keterlibatan yang berbeda akan menimbulkan perilaku berbeda pula. Misalnya pada perilaku tanggapan rutin, seseorang tidak terlalu dipusingkan pada merek apa, dengan harga berapa, dan dengan cara bagaimana barang akan dibeli. Hal ini akan berbeda pada situasi pengambilan keputusan meluas di mana seseorang akan memikirkan banyak hal pada situasi pembeliannya, yang lebih menarik lagi adalah pembelian impulsif, bagi beberapa individu kemungkinan jenis pembelian ini merupakan perilaku pembelian yang paling dominan. Pembelian semacam ini sering terjadi di supermarket dan mall pada pembelian barang konsumsi sehari-hari.

Jenis Perilaku Konsumen | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *