Kantong Plastik Tidak Gratis Lagi

Mulai hari minggu kemarin pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan cara pembeli harus membawa kantong barang dari rumah atau membeli kantong plastik seharga Rp 200,-.

Dengan adanya kebijakan ini masyarakatan diharapakan bisa mengurangi konsumsi penggunaan plastik dalam aktifitas sehari-hari. Ini berkaitan dengan sulitnya sampah plastik untuk diurai. Sehingga dengan cara membeli plastik kiranya banyak yang akan berfikir dua kali untuk membeli. Tapi sebagian orang dengan adanya peraturan ini tidak begitu terkena dampaknya, bahkan mereka tidak mau ribet lagi membawa kantong dari rumah hanya untuk belanja saja, melainkan kebih baik membeli kantong plastik yang tidak terlalu mahal, dari pada harus ribet menenteng kantong dari rumah.

Sebenarya yang harus dibenahi adalah cara berfikir atau pola pikir mereka, dengan memberikan pendidikan bahagaimana pentingnya kita menghindari penggunakan plastik besar besaran,  jadi bukan hanya kebijakan yang tidak disosialisakan dahulu.

Saya sendiri tadi baru saja pulang dari Alfamart, saya sengaja tidak membeli plastik yang harga 200 tersebut, melaikan membawanya langsung. Sempat diberi tawaran oleh pihak Alfamart untuk plastik seharga 200 tersebut namun saya menolaknya dengan halus, saya bilang lebih baik saya tidak beli kan fungsinya untuk mengurangi penggunakan plastik.plastik-dari-umbi-gembili

Kantong Plastik Tidak Gratis Lagi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *