Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Internet ke Anak?


Kapan waktu tepat untuk mengenalkan anak dengan internet?

(Ana, Wanita, 27th)

Jawaban :

Sebenarnya tidak ada pedoman yang baku untuk menyatakan apakah suatu waktu bisa dikatakan cocok atau tidak cocok untuk mengenalkan Internet kepada anak-anak. Meskipun demikian, ada beberapa hal pokok yang dapat dijadikan semacam panduan.

Pertama, apakah kita sendiri (orang tua) telah memahami apa manfaat dan peluang yang ditawarkan oleh Internet dan sebaliknya, serta apa dampak negatifnya dan cara menimalisirnya.

Karena agak tidak lazim, jika kita mengenalkan sesuatu kepada anak kita, tetapi kita sendiri tidak paham atau tidak kenal dengan “makhluk” yang kita perkenalkan tersebut.

Di sini bukan berarti orang tua harus mahir atau rutin menggunakan Internet terlebih dahulu baru kemudian “sah” mengenalkannya kepada anak. Yang dituntut di sini adalah kesediaan orang tua untuk mendampingi, atau tepatnya “belajar bersama”, dengan anak saat mereka beraktifitas di Internet.

Jadi, saat yang paling tepat untuk kenalkan Internet kepada anak adalah saat orang tua yakin dan berkomitmen untuk meluangkan waktu bersama anak melakukan berbagai eksplorasi hal yang positif di Internet.

Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Internet ke Anak? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *