Kardinalitas

Didalam Entity Relationship Diagram juga terdapat derajat relasi atau kardinalitas relasi. Derajat Relasi atau kardinalitas relasi akan menerangkan bagaimana hubungan antar entitas (set entity) yang ada.

Menurut Roger S. Pressman (1997, 358-360) Kardinalitas merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari satu [objek] yang dapat dihubungkan kesejumlah peristiwa dari [objek] yang lain. Kardinalitas mendefinisikan “jumlah maksimum dari hubungan objek yang ikut serta didalam sebuah hubungan”. Kardinalitas biasanya diekspresikan sebagai secara sederhana ‘satu’ atau ‘banyak’. Kombinasi dari ‘satu’ dan ‘banyak’, dua [objek] dapat dihubungkan sebagai :

  1. Satu – ke – satu (1:1) – suatu peristiwa dari [objek] ‘A’ dapat berhubungan dengan satu dan hanya satu kejadian dari [objek] ‘B’ dan sebaliknya.
  2. Satu – ke – banyak (1:N) – suatu kejadian ‘A’ dapat dihubungkan dengan satu atau lebih kejadian dari [objek] ‘B’,  tetapi sebuah kejadian ‘B’ dapat berhubungan dengan hanya satu kejadian dari ‘A’.
  3. Banyak- ke – banyak (N:N) – sebuah kejadian [objek] ‘A’ dapat berhubungan dengan satu atau lebih kejadian dari ‘B’, sementara sebuah kejadian dari ‘B’ dapat berhubungan dengan satu atau lebih kejadian dari ‘A’.   
Kardinalitas | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *