Kegagalan Awal Sukses Yang Tertunda Aja

Kehidupan begitu indahnya, berhari-hari anda melamun dan membayangkan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai selama kurun waktu ini, tetapi tiba-tiba lamunan mengawang itu sirna. Anda menemukan sebuah kegagalan yang hingga hari ini masih juga menjadi batu sandungan yang tak dapat disingkirkan.

Wajar kalau anda takut mengalami kegagalan dalam hidup ini. Tetapi selalu dibayang-bayangi pikiran akan kegagalan bisa menyebabkan anda sakit jiwa. Sadarilah bahwa kesempurnaan hidup berati mengalami kegagalan maupun keberhasilan.

Tak ada orang yang sukses tanpa mengalami kegagalan terlebih dahulu. Ambil contoh Thomas Alfa Edison, penemu lampu pijar ini mengalami kegagalan sepuluh ribu kali membuat bola lampu sebelum menemukan formula yang tepat. Bahkan Einstein pun pernah tinggal kelas dan nggak lulus ujian, sebelum menjadi ahli fisika ternama.

Yang paling penting jangan pernah menyerah oleh kegagalan atau kekalahan. Sebaliknya, kekalahan harus anda terima sebagai ujian atau tantangan untuk mencapai yang lebih baik. Tetapi sebagai manusia yang memiliki akal budi, tentu saja anda akan berusaha mencegah dan menghindari kegagalan.

Manusia hidup mesti memiliki tujuan, jika tujuan anda ke barat ya persiapkan perjalanan menuju arah barat, begitupun jika pilihan anda jatuh ke selatan atau timur. Maka, jika tujuan hidup anda belum jelas, kegagalan akan semakin dekat dalam kehidupan anda.

Maka perlu sekiranya memiliki ambisi. Karena penting untuk menambah semangat anda mencapai tujuan hidup. Jika anda kurang ambisi, jalan anda mencapai tujuan tersendat-sendat. Karena terlalu lamban, maka anda bisa bertemu dengan kegagalan.

Pada era digital seperti ini, persaingan semakin ketat dan mengerikan. Tanpa pendidikan yang memadai rasanya semakin sulit anda menggenggam kesuksesan. Maka jika anda ingin sukses, mau tidak mau anda harus punya pendidikan yang cukup. Karena setidaknya dengan pendidikan dapat mengasah intelektual anda. Hal ini merupakan modal untuk terhindar dari kegagalan.

Janganlah pernah merasa iri atas keberhasilan orang lain. Karena ini akan membawa anda makin dalam menuju jurang kegagalan, yakinlah bahwa anda memiliki kemampuan yang sama tetapi mungkin dalam bidang yang berbeda. Karena mengejar keberhasilan orang lain dan berusaha untuk melampauinya bukan kesuskesan yang dapat anda bagi dengan siapapun.

Rasa percaya diri akan membantu anda mencapai apa yang anda mau. Kurangnya kepercayaan dirimembuat anda selalu ragu untuk melakukan apapun. Akibatnya anda akan akrab dengan kata kegagalan.

Pada sebagian orang kesuksesan bisa diraih karena modal nekat. Terlalu banyak pertimbangan dan hati-hati, membuat anda tertinggal. Ibaratnya, saat orang lain hampir mencapai garis akhir, anda baru memulai ancang-ancang.

Meskipun kegagalan merupakan hal yang wajar, tetapi tentu bukan resep untuk menjalani kehidupan. Atau anda hendak berencana menjadi hamba bagi orang yang lewat dan menengadahkan tangan seraya meminta bantuannya.

Kegagalan Awal Sukses Yang Tertunda Aja | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *