Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Windows 8 memang hadir dengan membawa kejutan tersendiri bagi pengguna OS milik Microsoft. Mungkin banyak yang sudah menggunakan system operasi ini karena kelebihan dari windows 8 yang paling menonjol adalah waktu untuk booting yang sangat cepat yaitu hanya beberapa detik saja.

Namun ternyata windows 8 juga mempunyai kekurangan yang menurut saya sendiri ini adalah kekurangan yang fatal. Apa saja kelebihan dan kekurangan windows 8? Nah, sebelum menginstal windows 8 di PC atau laptop anda sebaiknya perhatikan dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Windows 8

  • Optimal untuk layar sentuh / touch screen. Interface windows 8 memang sangat mirip dengan windows phone dengan icon kotak-kotak. Ini memanjakan pengguna dengan user interface Metro.
  • Windows 8 mendukung chip ARM. Ini tentu saja diperuntukkan untuk tablet masa kini yang memakai chip ARM.
  • Booting yang super cepat. Ini merupakan sebuah kelebihan yang mungkin membuat pengguna ingin menggunakan windows 8. Proses booting mungkin hanya berjalan kurang dari 8 detik dan tentu saja pengguna akan lebih memilih windows 8 daripada versi sebelumnya yaitu windows 7.
  • Windows 8 berjalan lancar di spec rendah. Kelemahan windows 7 yaitu computer dengan spesifikasi yang buruk tidak bisa menjalankan OS windows 7 dengan sempurna. Namun untuk Windows 8, computer dengan spesifikasi yang rendah pun bisa menggunakan OS ini dengan lancar. Mungkin pengguna juga akan lebih memilh windows 8 daripada windows 7 yang membutuhkan spec bagus.
  • Windows 8 mempunyai took aplikasi sendiri yang diperuntukan pengguna windows 8. Pengguna bisa mendowload aplikasi yang dioptimalkan untuk windows 8.
  • NFC (Near Field Communications). Teknologi ini sangat bermanfaat bagi kalangan pebisnis karena memudahkan dalam hal bertransaksi.

Kekurangan Windows 8

  • Sulit berpindah dari aplikasi Metro ke aplikasi desktop. Ini dikarenakan adanya tumpang tindih antara Metro UI dengan Aero UI sehingga sangat membingungkan.
  • Saat menginstal banyak aplikasi, maka screen metro akan terlihat kurang rapi dikarenakan tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons. Sedangkan ukuran tiles masih terlalu besar.
  • Tidak ada fungsi Alt + Tab menyebabkan pengguna windows 8 sangat sulit untuk berpindah antar screen.
  • Screen Metro di windows 8 lebih diperuntukkan untuk tablet sehingga pengguna desktop sangat sulit untuk menggunakannya.
  • Untuk pengguna tablet, windows 8 tidak menyertakan konten flash sehingga pengguna tablet mungkin kurang nyaman dengan windows 8.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan windows 8 yang harus anda perhatikan. Bagaimana menurut anda, apakah hal itu tidak berpengaruh terhadap niat anda untuk menggunakan windows 8? Nah, jika artikel ini bermanfaat silakan anda share atau like artikel linkcerdas.com ini dan jangan lupa untuk like fanspage kami agar bisa mendapatkan tips yang bermanfaat setiap hari.

Pada artikel berikutnya, linkcerdas.com akan masih membahas tentang windows 8 dan tips apa saja yang ada di windows 8. Maka dari itu, tetap buka linkcerdas.com untuk menerima informasi terbaru seputar dunia teknologi.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *