Ketika Motherboard Gigabyte Berasap

Bagi anda pengguna fanatik atau siapa saja yang telah terlanjur membeli dan menggunakan produk motherboard terbaru yang dikeluarkan oleh Gigabyte mungkin sebaiknya segera mematikan komputer anda, mencopot motherboard anda dan segera menggantinya atau menukarkannya, sebelum ruangan tempat anda bekerja berubah menjadi berasap atau bahkan terbakar oleh ledakan yang bersumber dari motherboard  komputer anda.

Berita mengejutkan ini datang dari seorang overclocker asal Taiwan yang menemukan cacat rekayasa pada sebuah motherboard Gigabyte ketika melakukan percobaan overclocking ringan pada motherboard GigaByte-X79 UD3 dan anda mungkin akan dikejutkan karena sumber asap bisa saja berasal dari MOSFET (metal-oxide semiconductor Field Effect Transistor) atau adri komponen lain pada motherboard anda.

keluhan berikutnya datang lagi menyangkut motherboard Gigabyte yang menjelaskan bahwa overclocking CPU dengan penambahan daya atau bahkan dengan daya moderat/standar ternyata dapat juga menghanguskan VRM (Voltage Regulator Modul) pada motherboard.

Keluhan yang terus berdatangan menyebabkan Gigabyte segera mengambil langkah penyelidikan dan menganalisa sumber masalah. Setelah melakukan analisa yang cukup akhirnya pihak Gigabyte menemukan bahwa ada lebih dari satu masalah pada produknya dan masalah ini ternyata lebih parah dari apa yang terungkap sekarang. Salah satunya yang menjadi penyebab utama masalah adalah penggunaan beberapa  komponen dengan kualitas yang buruk misalnya pada sirkuit  PWM (Pulse Width Modulation).

Setelah munculnya masalah ini, pihak Gigabyte belum mampu menawarkan Solusi yang cepat walaupun mereka telah meluncurkan sebuah versi BIOS yang baru untuk mencegah kemungkinan komponen akan hangus atau meledak, namun sesungguhnya fungsi BIOS baru ini sendiri hanyalah untuk menghilangkan/menghapus fitur overclock pada motherboardnya.

BIOS baru yang di instal pada motherboard mempunyai tugas tambahan yang baru yaitu mendeteksi dan mencegah daya berlebihan pada VRM. Dengan kata lain mencegah terjadinya kelelahan pada komponen ini yang dapat memicu  panas yang berlebihan dan mengakibatkan komponen terbakar/hangus.

Yang agak mengecewakan dan menjadi pertanyaan adalah “Jika kemampuan Overclocking pada motherboard dihilangkan, lalu bagaimana dengan beberapa seri Gigabyte yang paling di minati karena kemampuan overclocking seperti : GA-X79-UD3,  GA-X79-UD5 dan  G1.Assassin 2.??

Sampai dengan saat ini belum ada tawaran solusi baru dari pihak Gigabyte, tapi mungkin bisa sedikit menghibur bagi para penggemar/pengguna karea Gigabyte bersedia menerima produknya yang rusak dan menawarkan penggantian secara gratis. Gigabyte juga mulai menarik produk-produk mereka termasuk tiga seri diatas, yaitu: GA-X79-UD3,  GA-X79-UD5  dan  G1.Assassin 2. Sementara itu Gigabyte juga akan mengirimkan penggantinya kepada pelanggan yang terkena dampak.

Ketika Motherboard Gigabyte Berasap | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *