Keyboard & Mouse dari Bambu..??

 

Teknologi Ramah Lingkungan mungkin adalah tema yang tepat untuk menjadi rujukan penciptaan produk teknologi keyboard dan mouse yang terbuat dari bambu ini. Hasil inovasi ini adalah perangkat input komputer yaitu mouse dan keyboard komputer dengan menggunakan koneksi nirkabel (wireless) dimana hampir tidak terdapat bahan plastik dalam komponen pembuatnya, melainkan menggunakan bambu sebagai penggantinya.

Tanaman bambu menjadi pilihan untuk menggantikan bahan plastik atau sejenisnya karena jenis tumbuhan tropis ini merupakan jenis yang tahan terhadap kelembaban dan memiliki tekstur yang kuat sehingga tidak jarang kita juga menemukan bambu digunakan sebagai bahan furniture atau perabotan rumah tangga, bahkan ada rumah yang hanya dibangun hanya dengan bambu.

Kembali ke topik kita tentang perangkat komputer dari bambu ini. Pada keyboard terdapat sebanyak 108 fitur tombol dengan tata letak QWERTYAS yang dilengkapi dengan beberapa tombol pintas. Pada bagian bawah tombol terdapat membran untuk mekanisme switching yang standar dan terhubung dengan receiver/penerima mikro USB (2,4GHz wireless).

Untuk mouse, juga menggunakan koneksi nirkabel yang sama dengan keyboard, sedangkan penggunaan bambu hampir pada seluruh bagian mouse, tidak hanya pada sisi atas mouse, tetapi juga pada bagian bawah dan kedua tombol utamanya. Untuk roda gulir (scroll) menjadi satu-satunya bahan non bambu untuk tampilan fisik luarnya,  tetapi menggunakan sejenis karet buatan yang menawarkan kenyamanan berputar dibawah jari anda.

Untuk simbol-simbol  fungsi tombol pada keyboard dan mouse ini tidak tampil dalam bentuk timbul ataupun cetakan seperti umumnya pada perangkat lain, namun keunikan dari perangkat bambu ini adalah semua simbol dan fungsi pada perangkat diukir secara langsung diatas media bambu. Sungguh ini dapat menambah pengalaman artistik yang mendalam bagi penggunanya.

Keyboard tampil  dengan berat 1020 gram dan  ukuran  465 x 160 x 25 mm, sedangkan  mouse memiliki berat sekitar 69 gram dan ukuran:  57 x 94 x 35 mm. Kedua perangkat ini dijual dalam satu paket Combo dengan harga US $ 89.

Keyboard & Mouse dari Bambu..?? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *