Khasiat Avokad Bikin Awet Muda

avokad bikin awet muda

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa avokad bisa menjadi senjata untuk melawan penuaan dan penyakit lainnya.

Para peneliti di Mexican University telah menemukan bahwa minyak yang terdapat dalam avokad memiliki sifat anti penuaan seperti yang terkandung dalam minyak zaitun, dan berpotensi digunakan untuk melawan kanker dan penyakit jantung.

Penelitian yang dipimpin oleh Christian Cortes-Rojo dari Universidad Michoacana de San Nicolas de Hidalgo in Morelia, Michoacana, Mexico, menemukan bahwa minyak avokad memiliki komposisi yang sama dengan minyak zaitun untuk melawan molekul oksigen yang merusak, atau dikenal sebagai radikal bebas.

Para ahli mempelajari antioksidan dalam beberapa buah-buahan, seperti wortel dan tomat, dalam upaya untuk memerangi radikal bebas, tetapi antioksidan buah-buahan ini tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

“Masalahnya adalah antioksidan dari jenis makanan lain tidak bisa masuk ke mitokondria. Akibatnya, radikal bebas terus merusak mitokondria, menyebabkan produksi energi terhenti dan sel pun mati,” papar Cortes-Rojo, dikutip melalui Dailymail, Senin (24/4).

Cortes-Rojo lalu menggunakan sel-sel ragi untuk mempelajari sifat minyak avokad dan menemukan sel ragi tersebut bisa bertahan hidup dari paparan konsentrasi tinggi zat besi, yang memproduksi radikal bebas dalam jumlah tinggi. Bahkan lebih tinggi tingkatnya dari yang ditemukan pada manusia. Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa avokad mengandung pigmen tumbuhan yang dapat menghambat oksidasi.

“Hasil ini menjanjikan, karena konsumsi avokad dapat meningkatkan status kesehatan pasien diabetes dan penyakit lainnya melalui sebuah mekanisme tambahan untuk meningkatkan cairan darah,” tambahnya.

Penelitian sebelumnya di Meksiko sebagai produsen avokad terbesar di dunia menunjukkan bahwa buah ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak tertentu yang berkaitan dengan diabetes.

Selain dapat menjaga bentuk tubuh, buah lezat ini ternyata juga memiliki beberapa khasiat ajaib di antaranya:

1. Menjaga mata
Jagalah kesehatan mata Anda dengan memakan beberapa potong avokad saat makan siang dan malam. Avokad kaya akan lutein dan zeaxanthin, yakni zat antioksidan yang dapat ditemukan di retina yang dapat menjaga kesehatan mata. Zat itu juga dapat mencegah penyakit yang datang seiring dengan lanjutnya usia, seperti katarak dan degenerasi macula.

2. Melawan kanker
Kandungan avokad dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel prakanker yang dapat berlanjut menjadi kanker. Menurut penelitian terbaru, avokad mengandung nutrisi dalam jumlah yang banyak, termasuk folat serta vitamin C dan E.

3. Menambah gizi
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Ohio menemukan bahwa orang yang menyerap zat lycopene yang terdapat pada tomat yang ditambahkan avokad dapat memperkecil risiko terserang kanker. Hal itu karena lemak yang terdapat dalam avokad menyerap gizi lebih banyak.

4. Mempertahankan bentuk tubuh
Jangan ragu meminum jus avokad atau buahnya langsung sesuai dengan selera Anda, seperti dengan menambahkannya ke roti lapis Anda. Avokad mengandung 4 gram lemak tak jenuh yang baik untuk jantung, 2 gram serat, dan 1 gram protein per ons.

Avokad mengandung semua zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam sebuah avokad ukuran sedang (100 gram) terkandung protein (4 gram), serat (10 gram), kalium (1,204 mg), fosfor (82,4 mg), magnesium (78,4 mg), kalsium (22 mg), natrium (20 mg), zat besi ( 2 mg) dan asam folat (124,6 mg) serta vitamin dan mineral lainnya.

Untuk ibu hamil: sangat baik dikonsumsi sejak awal kehamilan, karena membantu proses tumbuh kembang janin. Kandungan asam folatnya memenuhi 8% kebutuhan asam folat harian ibu hamil.

Untuk bayi: Bagus sebagai makanan padat pertama, karena tekstur daging buahnya yang halus dan lembut seperti krim. Kandungan lemak “baik” nya membantu mengoptimalkan tumbuh-kembang otak serta sistem sraf pusat bayi.

Khasiat Avokad Bikin Awet Muda | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *