Komitmen dalam Bekerja

Penelitian Steers sebenarnya merupakan pengembangan dari penemuan Buchanan yaitu dengan mengembangkan model komitmen yang terdiri dari dua bagian yaitu : Antecedents of Commitment dan Outcomes of Commitment.

Menurut Steers ada tiga Antecedents of Commitment yaitu : Karakterisitik individu, karakteristik pekerjaan dana pengalaman kerja yang akan menghasilkan keinginan untuk bertahan dalam organisasi, kehadiran, dan prestasi kerja. Subyek penelitian ini berasal dari dua organisasi yang pertama adalah rumah sakit yang terdiri dari  382 responden termasuk perawat, administrator. Sedangkan yang kedua adalah 119 ilmuwan dan insinyur yang bekerja di laboratorium.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 variabel mempunyai hubungan yang signifikan dengan komitmen karyawan (keinginan untuk mempertahankan menjadi anggota organisasi, kehadiran, dan prestasi kerja ) dengan : Kebutuhan seseorang untuk memperoleh hasil, sikap kelompoknya tentang organisasi, tingkat pendidikan (terbalik), ketergantungan organisasi, pentingnya individu bagi organisasi, dan identifikasi tugas-tugas (keberadaan tugas yang menantang).       

Komitmen dalam Bekerja | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *