Komponen-komponen pada Visual Basic 6.0

Ada beberapa istilah dan komponen pada Visual Basic 6.0 yang digunakan untuk membuat program aplikasi. Komponen-komponen tersebut adalah :

  1. 1.      Project

Project adalah sekumpulan modul. Jadi project adalah program aplikasi itu sendiri. Project disimpan dalam file yang berakhiran .VBP. Dalam membuat program aplikasi, akan terdapat jendela project yang berisi semua file yang dibutuhkan untuk menjalankan program aplikasi Visual Basic yang dibuat. Pada jendela project terdapat tiga icon yaitu icon view code, view object dan toggle folders. Icon view code,  dipakai untuk menampilkan jendela editor kode program, view object,  dipakai untuk menampilkan bentuk formulir (Form), dan icon toggle Foldersdigunakan untuk menampilkan folder (tempat penyimpanan file).

  1. 2.      Form

Form adalah suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Secara otomatis akan tersedia form yang baru bila anda membuat program aplikasi yang baru, yaitu dengan nama Form1.

  1. 3.      Toolbox

Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukan objek tertentu kedalam jendela form.

  1. 4.      Properties

Properties digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat kode program.

  1. Kode Program

Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek.

  1. 6.      Event

Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek, misalnya klik, seret, tunjuk dan lain sebagainya.

  1. 7.      Metoda (Method)

Metoda adalah suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu objek. Metoda biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu objek.

  1. 8.      Module

Module dapat disejajarkan dengan form, tetapi tidak mengandung objek. Module dapat berisi kode-kode program atau procedure yang dapat digunakan dalam program aplikasi.(Yuswanto, 2001: 24).

Komponen-komponen pada Visual Basic 6.0 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *