Konsep dan Klasifikasi Biaya

Biaya merupakan istilah yang digunakan secara umum dalam berbagai disiplin ilmu dan kehidupan sehari-hari. Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu (Mulyadi, 1999:9)

Dalam arti luas, biaya (cost) adalah jumlah uang yang dinyatakan dari sumber-sumber (ekonomi) yang dikorbankan  (terjadi dan akan terjadi) untuk mendapatkan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian biaya dalam arti sempit adalah sebagai harga pokok dan sebagai beban (Harnanto, 1992:24 ).

Secara umum biaya adalah sumber pengorbanan ekonomi yang dapat diukur dengan satuan uang dengan tujuan untuk memperoleh atau memproduksi barang dan jasa.

Menurut Mulyadi (1999:14) biaya dapat digolongkan menjadi 5 (lima) macam yaitu :

1.  Penggolongan biaya menurut objek pengeluarannya.

Dalam penggolongan biaya ini nama obyek pengeluaran merupakan dasar penggolongan biaya. Misalnya nama obyek pengeluaran adalah bahan bakar
maka semua pengeluaran yang berhubungan dengan bahan bakar disebut biaya bahan bakar.

2.  Penggolongan biaya menurut fungsi pokok dalam perusahaan.

Dalam perusahaan manufaktur, biaya dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu :

a.  Biaya Produksi.

Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Menurut obyek pengeluarannya, biaya produksi ini dibagi menjadi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

b.  Biaya Pemasaran.

Biaya pemasaran merupakan biaya-biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk, contohnya adalah biaya iklan dan biaya promosi.

c.  Biaya Administrasi dan Umum.

Biaya administrasi dan umum merupakan biaya-biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk. Contohnya adalah biaya gaji karyawan bagian keuangan, biaya pemeriksaan angkutan, biaya foto copy, dan sebagainya.

Jumlah biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum sering pula disebut dengan istilah biaya komersial (Commersial Expenses).

3.  Penggolongan biaya menurut hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai.

Dalam hubungannya dengan sesuatu yang dibiayai, biaya dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) golongan, yaitu :

a.  Biaya Langsung

Biaya langsung adalah biaya yang terjadi yang penyebab satu-satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Jika sesuatu yang dibiayai tersebut tidak ada maka biaya langsung ini tidak akan terjadi. Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

b.  Biaya Tidak Langsung.

Biaya tidak langsung adalah biaya yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. Biaya produksi tidak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut dengan istilah biaya produksi tidak langsung atau biaya overhead pabrik.

4.  Penggolongan biaya menurut perilakunya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan.

Dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, biaya dapat digolongkan menjadi 4 (empat) yaitu:

a.  Biaya variabel, yaitu biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan.

b.  Biaya semi variabel, yaitu biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Biaya ini mengandung unsur biaya tetap dan unsur biaya variabel.

c.  Biaya tetap, yaitu biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisar volume kegiatan tetap.

d.  Biaya semifixed, yaitu biaya yang tetap untuk tingkat volume kegiatan tetap dan berubah dengan jumlah yang konstan, pada volume produksi tetap.

5.  Penggolongan biaya atas dasar jangka waktu manfaatnya.

Atas dasar jangka waktu manfaatnya, biaya dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

a. Pengeluaran Modal (Capital Expenses), yaitu biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi.

b. Pengeluaran Pendapatan (Revenue Expenses), yaitu biaya yang hanya mempunyai manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran tersebut.

Konsep dan Klasifikasi Biaya | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *