Kontribusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Berdasarkan kebijakan kepala sekolah dan usaha guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan dan mengembangkan proses belajar mengajar di dalam maupum di luar kelas, bahwa pendidikan agama Islam yang dilaksanakan disekolah, baik kegiatan Intra Kulikuler ataupun kegiatan Extra Kulikuler tujuannya tidak lain adalah dalam rangka membantu mengembangkan manusia seutuhnya yang serasi, seimbang dan selaras antara aspek jasmani dan rohani berdasarkan pada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits. (Mulyana 2004:106)

Pendidikan agama Islam di sekolah adalah dalam rangka  mengembangkan dan meningkatkan keimanan dan ketakqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang telah tertanam dalam diri siswa sehingga nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT terus berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangan anak.. Dengan menghayati semua ajaran yang terkandung dalam agama Islam tersebut berarti pendidikan agama Islam memberikan kontribusi sebagai sumber nilai yang dapat memberikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Semua manusia didunia ini selalu membutuhkan adanya pegangan hidup yang di sebut agama mereka merasakan bahwa dalam jiwanya ada suatu perasaan yang mengakui adanya Zat yang Maha Kuasa, tempat mereka berlindung dan tempat mereka berlindung dan tempat mereka memohon pertolongan-Nya. Hal semacam ini terjadi pada masyarakat yang sudah modern. Mereka merasa tenang dan tentram hatinya kalau mereka dapat mendekat dan mengabdi kepada dzat yang Maha Kuasa. (Zuhairini dkk 1983:25) 

Semua manusia dalam hidupnya didunia ini, selalu membutuhkan adanya peganagan hidup yang disebut agama. Agama kerupakan sember nilai yang memberikan pedoman hidup bagi pemeluknya dalam mencapai kebahagiaan hidup bagi pemeluknya dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Manusia merasakan adanya Dzat Yang Maha Kuasa tempat merka berlindung dan bertempat mereka meminta pertolongan, sehingga dengan nilai-nilai keagamaan yang tertanam dalam hatinya melalui pendidikan akan menjadikan jiwa tenang dan tenteram.

Pendidikan agama Islam mengajarakan pada peserta didik untuk senantiasa berbuat, bertindak dan bertingkah laku yang baik serta terpuji. Ini berarti pendidikan agama Islam mengajarkan agar menjadi manusia yang berpendidikan agama Islam mulia, sebab pendidikan agama Islam mulia adalah merupakan jiwa pendidikan agama Islam., berpendidikan agama Islam mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kontribusi yang diberikan pendidikan agama Islam kepada siswa di sekolah diharapkan membantu siswa dalam mempersiapkan hidup bermasyarakat, agar mereka mudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial serta dapat mengubah linggkungan sesuai dengan ajaran agama Islam. Disamping itu pendidikan agama Islam memberikan motifasi serta mengimbangi ilmu-ilmu lain yang mereka pelajari.

Pendidikan Agama Islam di sekolah memuat didalamnya: pertama, PAI bisa menjaga akidah siswa dengan dukungan wawasan keilmuan Islam yang kokoh. Kedua, PAI mampu mengajarkan agama dengan baik, jangan sampai menumbuhkan semangat fanatisme buta, menumbuhkan sikap intoleran di kalangan peserta didik dan masyarakat Indonesia. Ketiga, PAI dapat memacu siswa untuk lebih rajin dan pintar, serta kreatif, kritis, dan inovatif. Keempat, PAI bisa menjadikan etika sosial, ada keterpaduan antara personal religiousity dengan sicial religiousity. Kelima, PAI bisa mencetak siswa yang bertanggung jawab, baik terhadap diri, keluargam masyarakat, bangsa dan negara, sebagai infestasi dari sikap bartanggung jawab kepada Allah SWT.  Sebagaimana di kutib dalam mukunya Muhaimin, Wijosukarto (1995) mengatakan pendidikan dan pengajaran adalah untuk membentuk manusia muslim yang (1) baik budi dan alim dalam agama (2) luas pandangan, alim dalam ilmu-ilmu dunia (ilmu umum) dan (3) bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat. (Muhaimin 2004:72)

Kontribusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *