Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Super Ampuh

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Super Ampuh

 

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Super Ampuh
Sehat Alami » Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

 

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

 

Monday, December 31st 2012. | Sehat Alami

Apa manfaat air putih bagi tubuh manusia ? bagaimana ciri-ciri air yang bagus lalu bagaimana cara minum air putih yang baik dan benar ? Manfaat air putih baik untuk kesehatan, untuk diet juga bagi ibu hamil begitu besar guna menunjang vitalitas dan metabolisme tubuh. Dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari di pastikan bisa memperlancar sistem pencernaan, proses elaborasi, pelepasan dan pengeluaran bahan-bahan kimia dari sel atau kelenjar, sehingga di harapkan kita terhindar dari masalah pada sistem pencernaan.

Lantas apa manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh ?
Hampir 80 persen dari unsur tubuh manusia berupa air, dalam otak kadar airnya mencapai 90%, sementara dalam darah kadar airnya mencapai 95%, sekarang coba bayangkan seandainya kebutuhan air dalam otak dan darah kekurangan unsur air yang bekepanjangan ? maka tidaklah heran dalam sehari disarankan sebaiknya minum dua liter air atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Ini semua untuk menunjang dan mensuplai kebutuhan air untuk proses metabolisme pada organ tubuh manusia.

Efek buruk bagi yang kekurangan air akan terjadi dehidarasi, apalagi disaat daiare dimana tubuh banyak mengeluarkan unsur air yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan loyo. Bagi penderita ginjal juga sebaiknya selalu mengkonsumsi air lebih dari cukup, termasuk yang menghabiskan aktifitas dengan banyak duduk.

Minum air putih selain bermanfaat bagi organ tubuh, juga bisa mengatasi sembelit, dan penyakit lainnya seperti penyakit jantung, gatal-gatal, sesak nafas, kudiasan, otot kaku, maag, menghilangkan rasa nyeri, juga bisa menenangkan pikiran yang lagi kacau, air dapat membantu mencegah terjadi penyakit darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Apa manfaat air putih bagi ibu hamil ?
Perlu anda ketahui bahwa di saat hamil volume darah di dalam tubuh menjadi berlipat ganda dan saat usia kehamilan mencapai delapan minggu pembuluh darah Anda menipis, maka keberadaan air akan membantu menormalkan pembuluh darah.

Nah air sangat dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah menuju ke janin di dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Tidak mengherankan tatkala kecukupan minum juga mampu menghindarkan Anda dari kemungkinan lahir prematur di semester ketiga kehamilan si ibu.

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri air yang bagus ?
Air yang bagus warnanya jernih, tidak bau, rasanya tawar, segar dan agak manis, ringan, airnya mengalir jadi bukan air tanah (air sumur), aliranya deras, jumlahnya banyak, terkena sinar matahari dan angin secara langsung. Juga pastikan air tersebut tidak mengandung unsur barang tambang, tidak membuat mual, dan tidak membebani pencernaan.

Bagaimana cara minum air yang baik dan benar ?
Cara minum air yang baik disini dimaksudkan adalah dengan cara yang sopan sesuai kaidah norma dan agama sedangkan cara minum air yang benar adalah dengan posisi duduk, minum seteguk demi seteguk dengan ukuran sedang namun sering. Durasi minumnya tiap du jam sekali atau jika ada waktu longgar. Terkecuali apabila kondisi tubuh sedang membutuhkan atau sedang berhasrat minum (kehausan).
Minum air secara sekaligus sangat berbahaya karena memicu penyumbatan saluran kerongkongan yang menyebabkan sulit bernafas.

Sedikit tabahan mengenai air !
Seperti yang telah kami kutip dari majalah almawadah vol 56, lebih jauh tentang air coba simak yang berikut ini :

1. Air yang sudah diendapkan atau dimalamkan, lebih baik daripada air yang baru diambil.

2. Minum air dingin, tidak boleh diminum sekali teguk atau secara langsung ditelan, tidak baik diminum setelah berhubungan suami istri, sesudah sadar dari pingsan, sebabis bangun tidur, setelah buang hajat atau setelah makan buah-buahan. Air dingin juga tidak baik bagi orang sakit gigi, orang yang dalam proses pematangan seperti demam, flu, radang, dan pembengkaan. Air dingin lebih bermanfaat untuk dalam tubuh dan sebaknya diminum ketika perut masih kosong.

3. Air es, hindari minum es setelah mandi, setelah berhubungan, setelah berolah raga, dan setelah menyantap makanan panas. Begitu juga bagi orang yang batuk, sakit dada, sakit liver, gangguan paru-paru, penderita penyumbatan saluran dan gangguan pencernaan.

4. Minuman air panas, cocok bagi lansia, penderita penyakit ayan, penderita sakit kepala, dan sakit mata. Air anas lebih bermanfaat untuk badan luar.

5. Mium air laut. Minum air laut sangat berbahaya untuk tubuh baik lur dan dalam. Air laut dapat menyebabkan perut menjadi kembung, menguruskan badan,menimbulkan gatal-gatal, kudis, gas dan menambah kehausan.

6. Mandi air laut, mandi air laut sangat baik bagi kesehatan kulit dan bdan.

7. Air asin, dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan busung air, namun air asin bisa meredakan beser.

8. Air hujan, air hujan dapat mengobati batuk, terutama jika direbus dengan obat batuk.

Demikian tetang air dari Superampuh.com, Semoga bermanfaat artikel Manfaat air bagi tubuh.

* Manfaat Air Kelapa
* Apa Penyebab Sering Mengantuk
* Khasiat Bawang Merah
Sehat Alami

 

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *