Manfaat Minum Kopi Super Ampuh

Manfaat Minum Kopi Super Ampuh

 

Manfaat Minum Kopi Super Ampuh
Sehat Alami » Manfaat Minum Kopi

 

Manfaat Minum Kopi

 

Wednesday, March 6th 2013. | Sehat Alami

Apa manfaat minum kopi bagi kesehatan lalu apa kandungan yang terdapat dalam kopi ? Kopi merupakan minuman yang hingga saat ini menjadi minuman yang begitu familiar terutama bagi masyarakat kita, dimanapun dan siapapun orang nya minum kopi merupakan tradisi harian yang sulit ditinggalkan. Walaupun mereka juga tahu dampak negatif dari minum kopi akan tetapi bagi mereka yang sudah kecanduan minum kopi seakan tidak lengkap hari-hari yang mereka jalani tanpa ngopi.

Minum secangkir kopi dipagi hari mampu menyingkirkan rasa lapar yang untuk beberapa jam kemudian, biasanya orang yang minum kopi sebelum sarapan pagi akan bertahan untukmenunda sarapan hingga jam sebelas siang. Nah inilah yang berdampak kurang baik bagi orang yang selalu mendahulan minum kopi ketimbang melakukan sarapan pagi. Dan dampak ini jika terus menerus bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan terutama bagi lambung sehingga para maniak kopi cenderung menderita kembung yang akan berakibat pada sakit lambung sehingga memicu terjadinya sakit maag.

Kandungan yang terdapat pada kopi yang paling mendominasi adalah kafein. Kandungan senyawa kafein ini kadarnya bervariasi tergantung dari jenis juga cara penyajian dari mengkonsumsi kopi itu sendiri. Kafein yang memberi dampak kurang baik bagi tubuh sebab senyawa inilah yang membuat seseorang selalu barkeinginan minym kopi atau lebih pas disebut ketagihan. Selain memberi efek ketagiahan minum kopi juga meningkatkan resiko reflux asam lambung, pengerasan sementara dinding arteri, dan mengakibatkan anemia pada wanita yang sedang hamil mengap demikian ? karena kopi bisa menghalangi absorpsi zat besi.

Banyak orang yang meminum kopi dengan alasan untuk mengusir rasa kantuk dimalam hari saat sedang lembur kerja, atau hanya sekedar bergadang di tenggah malam. Dan rupanya kopi menjadi sebuah minuman mujarap untuk mengusir rasa kantuk bagi yang memang tidak terbiasa melek dimalam hari. Bahkan sebagian malah ada yang semleman tidak bisa tidur akibat kebanyakan minum kopi terutama bila kompoisi kopi cenderung tinggi tanpa adanya bahan camputan atau yang lebih dikenal dengan kopi murni. Lantas bagaimana car minum kopi yang bijak sehingga bisa bermanfaat bagi tubuh ? minum kopi yang baik sebenarnya tidak terlalu berlebihan dalam sehari cukup minum satu atau dua cangkir saja dalam sehari, hindari juga minum kopi menggunakan gelas berukuran jumbo.

Apa Manfaat Kopi Itu ?
Selain kita sudah sering mendengar dampak negatif kopi yang telah kami sampaikan diatas maka kopi juga memberikan dampak pasitif bagi kesehatan lalu apa saja dampak dari manfaat minum kopi tersebut, berikut diantaranya :

Kopi bisa mencegah diabetes, dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin ( hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel ). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin ( pro vitamin B3 ) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Kopi dapat meningkatkan memori, kopi dapat membantu meningkatan memori jangka panjang dan jangka pendek. Dalam sebuah studi 2005 disajikan di Masyarakat Radiologi Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek.

Mencegah kanker, riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

Mencegah batu empedu, para peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang meminum sedikitnya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

Sirosis, kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan pada alkohol.

Mencegah penyakit jantung dan stroke, mengkonsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Mengurangi tingkat depresi, menurut laporan 2011 di Archives of Internal Medicine, perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari adalah 15 persen lebih mungkin mengembangkan depresi dan mereka minum empat cangkir sehari, 20 persen lebih rendah.

Mencegah penyakit syaraf, biasanya peminum kopi berkafein cendrung tidak akan mengembangkan penyakit Alzhiemer dan Parkinson karena kandungan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson sedangkan kafein akan menghambat peradangan dalam otak yang kerap dikaitkan dengan Alzhiemer.

Kopi dapa mencegah risiko kanker payudara. Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat endometrium, dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah studi 2008 di Swedia menemukan bahwa meminum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Semoga memberi manfaat uraian artikel singkat mengenai masalah manfaat minum kopi.

* Manfaat Bawang Putih
* Manfaat Lidah Buaya
* Khasiat Bawang Merah
Sehat Alami

 

Manfaat Minum Kopi Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *