Membuat Kuliner Singkong Berkualitas Super Ampuh

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas Super Ampuh

 

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas Super Ampuh
Kuliner Sehat » Membuat Kuliner Singkong Berkualitas

 

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas

 

Wednesday, August 1st 2012. | Kuliner Sehat

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas. Anda suka menikmati makanan atau jajanan olahan dari singkong ? Sebenarnya di negeri kita ini banyak yang dapat dipakai sebagai bahan makanan pokok seperti jagung, sagu, talas, ubi dan singkong. Tapi sangat disayangkan jenis makanan tersebut dianggap kurang bergengsi sehingga banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya.

Bahan dasar makanan pokok seperti singkong dan sejenis dianggap tidak bergengsi lantaran mereka tidak tahu cara mengolah yang profesiaonal, akan tetapi jika mereka tahu resepnya maka yang bilang ndeso dan murahan akan berbalik arah menikmati kuliner dari bahan tradisional tersebut bak makanan mewah berkualitas ala hotel bintang lima.

Nah maka dari itu Superampuh.com mengajak anda untuk belajar mengolah makanan dari bahan dasar singkong tersebut secara profesioanal. Sebelum kita masuk pada materi sebaiknya kita mengenal singkong dahulu sebagai tambahan pengetahuan supaya kita lebih mengenalnya. Awal mula singkong berasal dari Brasil dan Meksiko, pada mulanya singkong disebar di Afrika, Madagaskar, India, Tiongkok, dan beberapa negara pertanian lainya.

Singkong masuk ke Indonesia pada abad 18, di datangkan dari Suriname sebagai koleksi Kebun Raya Bogor. Penyebaran singkong keseluruh nusantara terjadi tahun 1914-1918, waktu Indonesia kekurangan beras sebagai makanan pokok dan sebagai alternatif dipilih lah singkong, mulai saat itu mulai terkenalah singkong dimana-mana. Sekarang singkong sudah terkenal di berbagai daerah malah dijadikan sebagai makanan pokok ke-3 setelah beras dan jagung, karena memang singkong mudah ditanam dan cepat dipanen.

Nilai gizi singkong, pada 100 gram singkong mengandung kurang lebih 175 kalori dan 1,2 gram protein, maka setiap 100 gram nasi mengandung 175 kalori dan 3,25 gram protein. Nah agar nilai gizinya setara dengan nasi maka diperlukan penambahan setiap 100 gram dengan 25 gram protein seperti daging, tempe, tahu, ikan, kacang-kacangan. Untuk menambah sumber gizi yang optimal sebaiknya ditambah daging, keju dan susu.

Baik setelah kita mengetahui asal mula singkong kita langsung masuk kemateri pokok yaitu bagaimana singkong ini bisa dijadikan sebuah makanan bergizi sehingga singkong bisa diubah menjadi makanan berkualitas ala hotel bintang lima, Mau ?â¦

 

Kita coba âMembuat Schotel Singkongâ

Bahan yang dibutuhkan :
600 gram singkong dikukus diiris kecil

Bahan Adonan Tutup :
– 2 butir telur ayam
– 200 mililiter kaldu
– 20 tepung terigu
– Garam secukupnya
– 50 gram keju parut

Bahan Isi :
1 sendok margarin
1 sendok bawang bombay iris
2 siung bawang putih cincang
2 buah cabe ijo diiris
200 gram tempe diiris kecil digoreng
200 gram daging giling
100 gram wortel potong dadu
2 sendok makan sau tomat
1 sendok teh oregano (jika suka)
– Sedikit merica
– Garam secukupnya
1 sendok makan gula pasir
1 buah kaldu instan blok

Cara Membuat :
1. Buat adonan isi, tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai ijo dengan margarin sampai layu.
Masukan daging giling, tuangi air sedikit, masukan saus tomat dan tempe. Setelah masak masukan garam, gula, merica, oregano dan kaldu instan. Masak sampai kuah kering, lalu angkat.

2. Ambil piring tahan panas, olesi margarin. Singkong yang telah dimasak diiris kecil, setengahnya diatur di atas piring tahan panas. Tuangi adonan isi lalu tutup lagi dengan sisa adonan singkong sampai tertutup.

3. Buat adonan tutup, pecahkan telur ayam, aduk dengan tepung terigu. Campur dengan keju parut, Masukan kaldu, beri gara, aduk rata.

4. Siram bagian atas schoteldengan adonan tutup, panggang sampai masak, angkat. Lalu hidangkan saat masih panas.

Jika anda penasaran, untuk melihat gambar yang lain klik disini. Bagaimana dengan anda, susah tidak Cara membuat Schotel singkong ini ? Nah itulah Cara Membuat Kuliner Singkong Berkualitas.

* Membuat Keripik Tempe Renyah
* Membuat Bubur Kentang Brokoli
* Cara Membuat Pisang Molen
Kuliner Sehat,

 

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas

 

Membuat Kuliner Singkong Berkualitas Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *