Menkominfo Tunda Tender 3G Kanal Ketiga

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tifatul Sembiring memutuskan untuk menunda lelang third carrier 3G di pita 2,1 GHz karena dua kanal yang tersedia belum bisa dipastikan bebas interferensi.

“Tender 3G terpaksa kami tunda hingga pertengahan tahun karena kami ingin memastikan dulu kanal tersebut tidak kotor lagi,” kata menteri di sela sosialisasi LTE, di Gedung Telkom, Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Penundaan lelang ini sudah yang kedua kalinya diumumkan Kementerian Kominfo. Tender yang seharusnya digelar akhir Maret atau awal April ini, diundur jadi Mei karena alasan teknis persiapan tender.

Lalu, tender kembali diputuskan untuk diundur lagi karena kanal di blok 11 dan 12 yang akan diperebutkan oleh empat operator peminat, ternyata memang masih kotor karena interferensi pita penyangga (guardband) yang digunakan Smart Telecom di ujung 1900 MHz.

Sejauh ini, sudah ada empat operator 3G yang menyatakan berminat untuk menambah kanal frekuensinya. Mereka adalah Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Axis Telekom Indonesia.

Menkominfo Tunda Tender 3G Kanal Ketiga | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *