MERAIH KESUKSESAN DENGAN POTENSI

Oleh : Betric Feriandika

Menurut Vincent (2003) sukses adalah hasrat untuk merealisasikan kedamaian dalam hidup, melalui munculnya perasaan tentram dan perasaan mampu, yakin menanggung masa depan yang belum diketahui yang memungkinkan kita untuk menjalani hari ini dengan tersenyum.

Jadi, sukses merupakan suatu kebanggaan yang hanya ada didalam diri sendiri. Kesuksesan dapat diraih oleh seseorang diawali dengan pengelolaan potensi secara optimal untuk mewujudkan impian dan harapan hidupnya.

Seseorang yang telah sadar akan kekuatan yang dimiliki tidak akan ragu untuk menerima diri sendiri. Kondisi ini akan meningkatkan harga diri serta menumbuhkan rasa percaya diri. Sehingga seseorang akan memiliki kekuatan yang lebih untuk menghindari pengaruh dan pendapat orang lain sebelum mengambil keputusan, mampu menguasai kondisi social, mampu mengendalikan emosi, dan menumbuhkan semangat untuk meraih prestasi. Berbekal keyakinan diri yang dimiliki maka akan mempengaruhi seseorang dalam menumbuhkan semnagt untuk melakukan tindakan yang mengarah pada pencapaian prestasi.

Prestasi seseorang dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal. Artinya, bahwa prestasi yang diraih tergantung dari hubungan sinergis antara diri orang yang bersangkutan dengan factor-faktor di luar dirinya. Namun demikian, factor dalam diri akan lebih banyak memegang peranan penting dalam meraih prestasi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Dalam meraih kesuksesan dapat dilakukan dengan cara ini, dengan urutan sebagai berikut :

  1. Potensi diri
  2. Mengenal dan memahami potensi diri
  3. Mengembangkan potensi menjadi suatu kekuatan
  4. Memantapkan kepercayaan diri
  5. Meningkatkan prestasi
  6. Meraih kesuksesan

 

# Semoga bermanfaat #

MERAIH KESUKSESAN DENGAN POTENSI | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *