Metode Analisis Data

Pada bagian analisis data diuraikan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis dan transkip, transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain agar peneliti dapat menyajikan semua.

Yang dimaksud analisis data adalah mengkaji data dengan tehnik analisa, dengan menggunakan pemikiran secara logis dan rasional dalam mendekati informasi yang hasilnya mendukung terhadap analisa data kualitatif. Analisa ini melibatkan pengerjaan, pengorganisasian, pemecahan dan sintesis data serta pencarian pola, pengungkapan hal yang penting, dan penentuan apa yang dilaporkan. Tujuan analisa dalam penelitian ini adalah untuk menyempitkan dan membatasi temuan-temuan sehingga menjadi suatu data yang teratur, tersusun serta lebih berarti.

Data-data yang telah dikumpulkan harus dianalisis untuk menjawab sejumlah pertanyaan-pertanaan. Ada dua jenis metode analisis data, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data kuantitatif lebih cocok untuk menganalisis data-data yang berupa angka. Metode analisis data kuantitatif misalnya, deskriptif kuantitatif korelasi, serta uji beda. Sedang metode analisis data kualitatif lebih cocok untuk menganalisis data-data kualitatif, misalnya data uraian tertulis dari dokumen, data uraian hasil wawancara, dan data uraian dari hasil pengamatan.

Dalam penelitian ini yang peneliti gunakan dalam menganalisis data adalah metode analisis data kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis data kuantitatif dalam penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah sampel yang akan diteliti sedangkan metode analisis data kualitatif dalam penelitian ini untuk menguraikan atau memaparkan data yang diperoleh dari dokumen, wawancara, serta data hasil pengamatan.

Metode Analisis Data | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *