Metode Pengumpupan Biaya Produksi

Menurut Mulyadi (1999:18) Pengumpulan Harga Pokok Produksi sangat ditentukan oleh cara produksi. Secara garis besar, cara memproduksi produk dapat dibagi menjadi dua macam yaitu produksi atas dasar pesanan dan produksi massa.

1.  Metode Harga Pokok Pesanan

Perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan, mengumpulkan harga pokok produknya dengan menggunakan metode harga pokok pesanan (Job Order Cost Method). Dalam metode ini biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk pesanan tertentu dan harga pokok produksi per satuan produk yang dihasilkan untuk memenuhi pesanan tersebut dihitung dengan cara membagi total biaya produksi untuk pesanan tersebut dengan jumlah satuan produk dalam pesanan yang bersangkutan. Adapun karakteristik perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan yaitu:

–     Proses pengolahan produk terjadi secara terputus-putus. Jika pesanan yang satu selesai dikerjakan maka proses produksi dihentikan dan mulai dengan pesanan berikutnya.

–     Produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pemesan sehingga pesanan yang satu dapat berbeda dengan pesanan yang lain.

–     Produksi ditujukan  untuk memenuhi pesanan dan bukan untuk memenuhi persediaan dalam gudang.

Metode Pengumpupan Biaya Produksi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *