Motivasi Mahasiswa Makan di Warung Angkringan

Salah satu sifat warung angkringan adalah keleluasaan pengunjungnya untuk nongkrong, sembari ngobrol, diskusi dengan teman membahas masalah kuliah, masalah negara sampai curhat antar teman mengenai sesuatu hal. Disadari atau tidak faktor yang demikianlah yang di tawarkan oleh angkringan, membuat warung angkringan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak terlupakan oleh para konsumenya. Karakteristik ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi konsumennya terutama mahasiswa.

Kenyamanan dan keleluasaan yang ditawarkan angkringan memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen khususnya mahasiswa. Ini yang membedakan warung angkringan dengan warung makan lainnya. Di angkringan kita boleh saja duduk berjam-jam tanpa harus khawatir akan mendapat usiran dari pemiliknya. Tak heran banyak mahasiswa Unsoed baik yang kaya maupun yang biasa menjadikan warung angkringan sebagai tempat konsumsi.   

Motivasi berarti dorongan atau kehendak yang dapat meninbulkan semacam kekuatan agar seseorang berbuat sesuatu. Menurut Gerungan setiap manusia dalam bergerak, bertindak, bertingkah laku selalu di dorong dan digerakkan oleh tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai. Jika tujuan itu dapat dicapai, maka seseorang akan memperoleh kepuasaan tertentu. Motivasi merupakan suatu pengertian yang melengkapi semua penggerak alsan-alasan atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.

Demikian juga para informan yaitu mahasiswa yang makan di warung angkringan sebagai tempat konsumsi, setelah informan memaknai mengenai angkringan sebagai tempat nongkrong lintas batas, arena diskusi, tempat refreshing, mencari suasana dan tempat kenangan tidak lain karena adanya suatu dorongan untuk mencapai maksud dan tujuan mereka.

Motivasi Mahasiswa Makan di Warung Angkringan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *